Bidan Berperan Penting Untuk Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Demak –  Kegiatan Optimalisasi peran bidan dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi di gelar di Pendopo Satya Bhakti Praja, Kamis, (8/9/22). Acara dibuka oleh bupati Demak Eisti'anah dihadiri ketua IBI Demak dan para bidan.

Menurut bupati Eisti'anah dalam mengawali sambutanya mengapresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini yang merupakan salah satu langkah positif dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Demak.

“Saya minta kepada panjenengan semua untuk bisa meningkatkan kinerja. Kita tidak boleh lengah. Kualitas pelayanan tetap harus diutamakan agar AKI dan AKB bisa terus menurun setiap tahunnya.” Tegas bupati.

“Hingga bulan Agustus 2022, telah terjadi 8 kasus kematian ibu. Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Lakukan pendekatan kepada para ibu muda, balita, terutama dari keluarga ekonomi lemah, agar lebih peduli terhadap kesehatan. Serta dapat di gerakkan kembali posyandu.” jelas bupati

Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan, memiliki peran penting dan strategis utamanya dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi.

“Saya berharap panjenengan semua mampu memberikan pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna. Fokus pada aspek pencegahan dengan berlandaskan pada kemitraan dan pemberdayaan masyarakat. Bersama-sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk selalu siap sedia memberikan pelayanan kepada siapapun yang membutuhkan, kapanpun dan dimanapun masyarakat berada.” Jelasnya.

Ditambahkan bupati Eisti'anah upaya-upaya tersebut harus terus dilakukan, mengingat pembangunan kesehatan pada hakekatnya diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, seluruh tenaga kesehatan, harus melakukan berbagai upaya pelayanan bidang kesehatan secara menyeluruh, terarah dan berkesinambungan.

Sementara Ketua IBI Cabang Kabupaten Demak, Wahyu Puji Astuti dalam paparannya menyampaikan. Sesuai dengan intruksi Bupati perlu menyiapkan SDM berkualitas (sehat, cerdas, adaptif dan berkarakter) sejak periode 1000 HPK.

“Perlu adanya mitra profesional dan perpanjangan tangan pemerintah dalam melaksanakan pelayanan pencegahan stunting, maka bidan di tuntut untuk melakukan pendampingan kesehatan, gizi, KB, hingga ke persoalan lingkungan kepada sasaran percepatan penurunan stunting terutama dalam peran bidan sebagai tim pendamping keluarga.” Katanya.

“Kemudian bidan untuk selalu memberikan inovasi dan memberikan pelayanan terbaik kiepada masyarakat, serta memberikan masukan yang obyektif kepada pemerintah.” imbuhnya. (Kominfo/Apj-rd)

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 363
Kunjungan Bulan Ini : 18891
Kunjungan Tahun Ini : 77693

Ikuti Kami