BPBD Demak Siap Siaga Darurat Bencana Meteorologi

Demak - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak siap hadapi peralihan dari musim penghujan menuju bencana meteorologi yang biasanya datang ketika pergantian akhir tahun. 

"Memasuki awal Desember merupakan peralihan dari bencana kekeringan menuju bencana meteorologi. Dimana kalau sampai November akhir kita mengalami bencana kekeringan, nah untuk awal Desember sampai dengan Februari nanti antisipasi bencana meteorologi," Kata Agus. 

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Pelaksana Harian BPBD Demak Agus Nugroho Luhur Pambudi seusai menghadiri apel kesiapsiagaan bencana di alun-alun Demak. Senin, (4/12). 

Ia menjelaskan bahwa menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan akan cukup lebat di bulan Desember hingga Februari 2024. 

Melihat adanya potensi hujan cukup tinggi, Agus mengajak masyarakat untuk memiliki pemahaman dengan mengenali ancamannya. 

"Bencana meteorologi kan merupakan bencana alam yang terjadi karena perubahan iklim, contohnya banjir, puting beliung dan tanah longsor, nah kalau Demak berada di kawasan hilir maka ancamannya adalah banjir, maka kita harus siaga," tegasnya. 

Ditambahkan Agus bahwa pihaknya akan melakukan prosedur dalam Surat Keputusan Bupati tentang siaga darurat bencana, yakni bencana meteorologi. 

Sementara Dandim 0716/Demak, Letkol Maryoto menyampaikan, bahwa dalam menghadapi potensi bencana pihaknya siap membackup terkait penanggulangan bencana dan respon cepat bila bencana datang. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 39
Kunjungan Bulan Ini : 3321
Kunjungan Tahun Ini : 84715

Ikuti Kami