Bupati Demak Buka Gerakan Bunda Asuh Balita Stunting

Demak - Bupati Demak Eisti'anah membuka acara Gerakan Bunda Asuh Balita Stunting tingkat Kabupaten Demak tahun 2023 secara resmi di Pendopo Satya Bhakti Praja, Rabu, (12/7/23).

Kegaiatan yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak dengan BAZNAS Kabupaten Demak ini bertujuan untuk membantu percepatan penanggulangan masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di Indonesia.

Bupati Eisti'anah pada kesempatan tersebut mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Gerakan Bunda Asuh Balita Stunting ini. Mengingat kegiatan ini selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten Demak dalam upaya penanggulangan stunting.

Kabupaten Demak di tahun 2022, angka prevalensi stunting menjadi 16,2%. Turun sebanyak 9,3% dari tahun 2021 (25,5%). Prestasi tersebut sekaligus menjadikan Kabupaten Demak menjadi Kabupaten/Kota kedua di Jawa Tengah yang angka prevalensi nya turun paling banyak.

“Tahun 2023 ini, kita targetkan angka prevalensi stunting Kabupaten Demak dibawah 10%. Maka dari itu, atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Demak, saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini” kata Bupati Demak Eisti'anah.

Bupati juga menyampaikan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Demak saat ini adalah menempatkan stunting sebagai musuh yang harus dikalahkan. Karena stunting mempunyai efek dalam jangka panjang.

"Seperti menghambat pertumbuhan syaraf, kognitif, motorik, bahasa, resiko obesitas, gangguan psikis, reproduksi dan produktivitas. Bahkan saat ini permasalahan stunting merupakan prioritas nasional,” jelas Eisti.

Bupati berharap agar seluruh pengurus PKK mau dan mampu menjadi bunda asuh balita stunting.

“Panjenengan semua harus bisa mengedukasi masyarakat, utamanya dalam pengolahan dan kreativitas bahan makanan. Ingat, anak Demak harus SECERAH ASA yaitu Sehat, Cerdas, Ceria, Berakhlak Mulia, dan menjadi Aset Bangsa,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekda Demak Akhmad Sugiharto, Kepala BAZNAS Demak H. Bambang Soesetiarto, Ketua PKK Demak Khodijah Ali Makhsun. 

Pada kegiatan tersebut Bupati Demak menyerahkan bantuan dari BAZNAS Demak berupa Bantuan Makanan Bumil Resti (Ibu Hamil Resiko Tinggi) senilai Rp.100.000, kepada 60 Mustahik, serta dilakukan pula penyerahan Pentasharufan ZIS bantuan penanggulangan stunting. (Kominfo/Apj).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 609
Kunjungan Bulan Ini : 1735
Kunjungan Tahun Ini : 178962

Ikuti Kami