Bupati Demak Optimis Prevalensi Stunting Di Angka 14 Persen Pada Tahun 2023

Demak – Kabupaten Demak optimis dalam upaya percepatan penurunan stunting pada tahun 2023, dengan prevalensi stunting  di angka 14 persen. Hal tersebut disampaikan Bupati Demak Eisti’anah saat Kegiatan Rembug Stunting. Yang dihadiri Plt Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Eka Sulistia Ediningsih, bertempat di Gedung Ghradika Bina Praja, Selasa (30/05/23) .

“Dalam melakukan percepatan ini kami tidak hanya menyasar dari sisi kesehatan seperti memberikan makanan tambahan pendamping, namun dari sisi lain juga seperti pembangunan sanitasi dan rumah tidak layak huni. Itu kami lakukan dengan cara keroyokan yang di fokuskan pada lokus stunting yang ada di 6 kecamatan dan 34 desa di Kabupaten Demak,”kata Eisti.

Eisti mengatakan, beberapa waktu yang lalu, Wakil Presiden RI berkesempatan mengunjungi Kabupaten Demak karena keberhasilan Demak dalam menurunkan angka prevalensi stunting dari 25,5% menjadi 16,2%. Ini tentunya menjadi prestasi yang luar biasa bagi Demak.

“Saya berharap di 2023 ini prevalensi stunting Kabupaten Demak dapat mencapai angka 14 %. Saya yakin dengan kerja keras, kekompakan dan saling bahu membahu dari semua komponen dan stakeholder, angka 14 % dapat kita capai,”jelasnya.

Sementara, Plt Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Eka Sulistia Ediningsih mengapresiasi langkah Pemkab Demak yang sangat cermat dan efektif dalam penurunan stunting .

“kita tahu Demak penurunannya sangat signifikan, bahkan kasus stunting di Kabupaten Demak bisa turun sedemikian banyak. Jadi terendah di Provinsi Jawa Tengah sesudah Kota Semarang,”kata Eka.

Menurutnya, apa yang dilakukan Demak bisa menjadi contoh untuk daerah lain, bahwa Demak mengepung segala faktor penyebab penurunan stunting dengan melakukan mitigasi dan kemudian melakukan intervensi bersama-sama secara sinergi dan konvergensi yang kuat.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan pengukuhan Bunda dan Bapak Asuh Anak Stunting Kabupaten Demak oleh Plt Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Eka Sulistia Ediningsih kepada Direktur BUMDESMA Sayung, Ketua Baznas Kabupaten Demak serta Ketua TP PKK kabupaten Demak. Dilanjutkan dengan Penandatangan Komitmen Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Demak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Ali Makhsun, Forkopimda, Plh Sekda beserta Asisten, dan Kadinpermasdes P2KB. Yang di ikuti oleh Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Demak, Camat se Kabupaten Demak, Kepala Puskesmas dan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Demak. (kominfo/rd-ist)

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 107
Kunjungan Bulan Ini : 1233
Kunjungan Tahun Ini : 178460

Ikuti Kami