Bupati Demak Panen Padi Dan Resmikan Saung Untuk Petani

Demak – Bupati Demak Eisti’anah didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Herawan beserta Forkopimcam Kebonangung melaksanakan panen padi di Desa Megonten bersama Kelompok Tani Mudo Karyo Dua. Seusai memanen, Bupati menyaksikan simulasi penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa drone saat menyemprot tanaman padi dilanjutkan dengan menaiki combine harvester, Rabu (15/02/23).

Sementara sebelum dilakukan panen, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Herawan melaporkan kegiatan panen ini merupakan Program Khusus Padi, Jagung dan Kedelai (UPSUS PAJALE) dan merupakan program nasional dalam rangka meningkatkan swasembada pangan terutama di Kabupaten Demak.

“Kegiatan panen ini dilakukan di Kelompok Tani Mudo Karyo Dua dengan luas lahan 91 Ha, sekaligus dilakukan penanaman dengan menggunakan Alsintan Modern. Adapun luas tanaman padi di Kabupaten Demak 40.591 Ha, sedangkan sampai saat ini luas lahan yang sudah dipanen sekitar 22.342 Ha berkisar 50% yang sudah di panen,” kata Agus.

“Sedangkan yang telah selesai pane nada di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Gajah dan Karanganyar, sedangkan wilayah Kecamatan Kebonagung baru berjalan 50%, semoga apa yang dikhawatirkan akan terjadinya krisis pangan di tahun ini mudah-mudahan tidak terjadi,”terang Agus.

Sementara Bupati Demak Eisti’anah dalam sambutannya mengatakan, panen ini merupakan berkah bagi petani terutama di Desa Megonten Kecamatan Kebonagung dengan harapan panen raya ini juga dapat mensupport pangan di Jawa Tengah, sehingga resesi di tahun 2023 yang mengancam dunia tidak terjadi di Indonesia khususnya di Kabupaten Demak.

“Keberhasilan dalam bidang pertanian tidak lepas dari kolaborasi antar sumber daya manusia (SDM) baik pelaku utama maupun pelaku usaha. Oleh karena itu, saya mengajak untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua stakeholder untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Eisti.

Dalam kesempatan tersebut Eisti mengucapkan terima kasih kepada PT. Maxxi Tani Teknologi Jawa Tengah yang telah mendirikan saung tani di Desa Megonten.

“Saya berharap keberadaan saung tani dapat digunakan sebagai tempat pertemuan kelompok tani dalam upaya memperkuat dan mengembangkan potensi SDM, meningkatkan kerjasama, mempermudah koordinasi serta untuk kegiatan penyuluhan pertanian. Manfaatkan untuk belajar bersama, berbagi ilmu, dan pengalaman budidaya guna meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha tani,”jelas Eisti.

“Mudah-mudahan saung tani ini dapat membawa kemajuan dan perbaikan di bidang pertanian. Ke depan saya berharap, saung tani semacam ini dapat didirikan di wilayah persawahan lain di Kabupaten Demak,” tambahnya.

Eisti juga berpesan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, melalui para petugas penyuluh lapangan, untuk meningkatkan peran aktifnya dalam memotivasi petani untuk memanfaatkan teknologi tepat guna dan mekanisasi pertanian dalam upaya meningkatkan produktifitas pertanian. (kominfo/rd/ist)

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 639
Kunjungan Bulan Ini : 20114
Kunjungan Tahun Ini : 101508

Ikuti Kami