Bupati Demak Tegaskan Penyaluran BLT DBHCHT Tepat Sasaran

Demak - Bupati Demak Membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi persiapan pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) Tahun 2023, Sub Kegiatan Fasilitasi Bantuan Sosial Keluarga  Program Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak, bertempat di Pendopo Satya Bhakti Praja, Rabu, (22/2/23). 

Hadir dalam Kegiatan tersebut Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Biro Isda Provinsi Jawa Tengah, Dinsos Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinsos P2PA Kabupaten Demak, perwakilan operator desa se Kecamatan Kabupaten Demak dan tamu undangan. 

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang selanjutnya disingkat DBHCHT adalah bagian dari transfer ke Daerah yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan atau provinsi penghasil tembakau.

Kepala Dinsos P2PA Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito menyampaikan, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau meningkat. 

"Alhamdulillah dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau semakin tahun semakin meningkat. Tetapi bukan berarti konsumen rokoknya yang meningkat, namun karena kenaikan cukai pada konsumen rokok," Kata Eko. 

Sementara itu dirinya menjelaskan bahwa di Kabupaten Demak ada sebanyak 346 KK yang masuk dalam kategori miskin ekstrem. 

"Ada sebanyak 48 desa yang masuk dalam program penanggulangan miskin ekstrem. Sehingga berjumlah 346 KK namun bertambah menjadi 7440 KK. Karena ternyata masih banyak yang belum terinput data di dalam sistem," Ungkap Eko. 

"Sehingga untuk para operator desa ini kita dorong untuk proses percepatan verifikasi, validasi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Demak. Operator desa merupakan ujung tombak kami di bagian yang paling bawah dari Dinsos P2PA," tambahnya. 

Sementara itu Bupati Demak Eisti'anah menyampaikan, bahwa alokasi dana untuk BLT DBHCHT tahun 2023 ini untuk bantuan sebesar 30 persen. 

"Dari alokasi dana DBHCHT 50 % untuk kesejahteraan masyarakat di dalamnya ada 30 %  bantuan langsung tunai kepada buruh tani tembakau, dan buruh pabrik rokok," Kata Eisti. 

Sementara alokasi dana 20 % untuk Peningkatan kualitas bahan baku seperti pelatihan budidaya tembakau, agribisnis, bantuan pembayaran iuran jaminan perlindungan produksi tembakau bagi petani tembakau, kemudian program pembinaan industri seperti elatihan SDM, perajangan tembakau, pelintingan rokok. Dan program pembinaan lingkungan sosial yakni egiatan peningkatan keterampilan kerja seperti pelatihan menjahit, tata rias, tata boga. 

Bupati Demak berharap dan berpesan kepada seluruh operator desa yang hadir pada hari ini agar tetap semangat dan giat untuk menjalankan tugasnya. 

"Tetap semangat melayani masyarakat untuk rekan - rekan operator semua, saya minta input data yang benar - benar valid nggih, sehingga sasaranya tepat untuk orang - orang yang membutuhkan." Pungkasnya. 

Disisi lain Wakil Bupati Demak Ali Makshun menyampaikan, pelaksanaan program BLT DBHCHT ini membutuhkan peran aktif dari semua pihak. 

"Maka dari itu, saya minta agar kita selalu mengedepankan sinergitas dan komunikasi serta saling mengingatkan untuk terus menjaga integritas dan kejujuran dalam melaksanakan program ini. Jangan sampai terjadi tindak kecurangan dengan mengambil keuntungan pribadi dari program yang seharusnya bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," Tandas Wakil Bupati Demak. (Kominfo/Apj-Rd).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 640
Kunjungan Bulan Ini : 20115
Kunjungan Tahun Ini : 101509

Ikuti Kami