Cegah Karang Gigi Rutin Kontrol Setiap Enam Bulan

DEMAK – Karang gigi merupakan suatu kumpulan dari sisa makanan, yang kemudian mengeras dalam waktu yang lama. Selanjutnya yang akan memunculkan bakteri mikroorganisme.

Banyak hal yang dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi seperti makanan manis, atau juga dari kebiasaan yang tidak sehat seperti minuman beralkohol, atau merokok. Sementara rokok, teh dan kopi itu akan menyebabkan karang gigi yang akan semakin hitam.

“Minuman manis-manis, kebiasaan tidak sehat minum alkohol dan merokok ini mempengaruhi rongga mulut kemudian akhirnya air liur jadi kental. Ketika kental karang gigi akan cepat untuk terbentuk. Jadi rongga mulut itu memang harus jangan kering.” Kata Dokter Gigi RSUD SUKA Hendan Febri Zakaria dalam Bincang Pagi di Studio RSKW 104.8 FM. Selasa, (14/12/21).

Dalam bincang tersebut dirinya juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat bagaimana cara merawat gigi agar tidak berkarang yang berlebihan.

“Perawatanya memang harus dilakukan ke dokter gigi dengan cara scaling atau pembersihan karang gigi. Ini memang kita harus telaten 6 bulan sekali harus sering kontrol.” Terangnya.

Dirinya menyampaikan bahwa apabila karang gigi tidak segera di bersihkan maka nantinya akan menyebabkan gigi goyang.

Apabila karang gigi tidak segera dibersihkan makan nanti akan bisa menimbulkan Gingivitis atau peradangan pada gusi. Tanda-tandanya yaitu ketika sikat gigi dia akan berdarah. Kemudian gusinya kemerahan seperti bengkak, bisa juga bau mulut, selain itu yang paling parah ketika karang gigi semakin dalam itu akan menganggu jaringan giginya, jadi gusi di sekitarnya akan goyang. (Kominfo/Put).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 399
Kunjungan Bulan Ini : 26977
Kunjungan Tahun Ini : 172944

Ikuti Kami