Daftar Pemilih Tetap di Demak Di Prediksi Meningkat

Demak – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terjadi peningkatan, jumlah DPT sebelumnya adalah 896.901 pemilih. Namun berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah ini  di prediksi meningkat menjadi sekitar 900 ribu pemilih.

Hal tersebut disampaikan, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Demak Nur Hidayah, Selasa (25/06/24) seusai melakukan pendampingan petugas melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) di Rumah Sekda Demak yang berada di Desa Bango.

”Prediksi  ini didasarkan pada proses verifikasi data dari Kemendagri yang kemudian di verifikasi oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Partalih). Kita mendapatkan DP4 sejumlah 914.760, nanti perkiraan angka kita sekitar angka 900-an ribu (pemilih),” kata Nur Hidayah.

Proses coklit biasanya menghasilkan angka DP4 yang menurun karena adanya perpindahan penduduk dan kematian.

Nur Hidayah menjelaskan, proses coklit dimulai hari ini hingga sebulan kedepan bertujuan memastikan data pemilih yang akurat. Proses ini akan dilaksanakan serentak oleh 3.310 partalih di Kabupaten Demak, dimulai dari 24 Juni 2023 hingga 24 Juli 2024.

Selain itu, coklit ini juga menyasar tokoh-tokoh berpengaruh di masyarakat. Setiap pantarlih melakukan coklit di lima rumah, yang diutamakan adalah tokoh masyarakat, agama, birokrasi, budayawan, dan pemilih dengan kebutuhan khusus.

“Diharapkan dengan gerakan serentak ini, masyarakat yang belum terdaftar bisa segera mendaftarkan diri sehingga tidak ada yang tertinggal,” pungkasnya. (kominfo/ist)
 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 694
Kunjungan Bulan Ini : 15035
Kunjungan Tahun Ini : 161002

Ikuti Kami