Delman Alternatif Angkutan Wisata Religi Di Kota Wali

Demak - Delman atau kereta berkuda masih mudah ditemui di kota wali Demak sebagai salah satu alternatif moda transportasi wisata religi. Tidak itu saja delman juga masih menjadi alat transportasi masyarakat untuk menunjang aktivitasnya terutama di wilayah kecamatan Wonosalam. 

Sebagai moda transportasi alternatif  angkutan wisatawan masjid Agung Demak para peziarah atau wisatawan religi dapat menikmati pemandangan dalam kota. Dari taman parkir tembiring menuju Masjid Agung kurang lebih berjarak satu (1) km menyusuri jalan protokol di dalam kota demak dan seputar alun alun Demak. 

Lalu lalang kereta berkuda ini ditengah kota menjadi daya tarik tersendiri sebab eksistensi kendaraan tradisional ini masih tetap bertahan ditengah moda transportasi kendaraan mesin yang canggih. 

Seperti halnya yang disampaikan Nia mahasiswa USM Semarang yang berasal dari kalimantan Tengah, bersama rekannya Risma  mengaku tertarik untuk menaiki delman atau kereta kuda tersebut saat berwisata di Demak. Untuk itu dirinya sengaja menaiki delman tersebut  dari lapangan parkir tembiring menuju masjid agung demak untuk berziarah di makam Raja Demak dan sholat di Masjid karya wali sembilan. 

" Saya sangat tertarik untuk menaiki kuda saat sampai di demak karena di daerah saya tidak ada angkutan kayak gini. Asik juga naik kereta kuda ini menuju masjid agung demak sambil menikmati pemandangan dalam kota, hanya dengan Rp.15.000 untuk sekali jalan per orang " kata Nia. 

Sementara menurut Yudi Kusir delman untuk wisatawan yg ingin berziarah di masjid Agung demak dapat naik delman dengan ongkos Rp.15.000 sekali jalan, namun setelah berziarah untuk kembali ke taman parkir tembiring para peziarah harus menggunakan kendaraan ojek bermotor karena sudah menjadi kesepakatan bersama oleh pelaku transportasi wisata religi. 

"Sekali angkut bisa 6 orang sekaligus dan penumpang hanya sekali jalan, namun untuk kembali ke tempat parkir mereka harus menggunakan ojek motor karena ini sudah merupakan kesepakatan" terang Yudi. 

Dengan  naik kereta kuda peziarah bisa merasakan sensasi yg sangat luar biasa di mana mereka dapat melihat kota demak sekaligus berziarah di makam sultan fatah dan sholat di masjid agung demak yg didirikan oleh wali songo. 
Sebelum melanjutkan perjalanan wisatawan dapat berbelanja oleh oleh atau cinderamata khas Demak yang di samping masjid jika akan keluar menuju pangkalan ojek. (Kominfo/Nia-Risma-Rd)

Tags wisata demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 376
Kunjungan Bulan Ini : 14037
Kunjungan Tahun Ini : 72839

Ikuti Kami