Demak Miliki 36 Lumbung Pangan Masyarakat

Demak - Lumbung pangan masyarakat merupakan sarana fisik untuk menyimpan gabah atau beras dalam mewujudkan cadangan pangan. Tujuannya sebagai antisipasi bila ada bencana atau nanti ada gejolak harga, dan mungkin bencana sosial yang lainya. 

Adapun manfaat dari lumbung pangan  untuk meningkatkan volume cadangan pangan kelompok untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya. Meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan. 

Demikian di sampaikan oleh M. Agus Nugroho Luhur P, Plt Dinas Pertanian dan Pangan, pada acara talkshow di studio RSKW 104.8 Fm, dengan tema 'Pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat' . 

Dalam kesempatan tersebut dirinya menyampaikan bahwa di Kabupaten Demak ini sudah mempunyai lumbung pangan sebanyak 36 lumbung. 

"Ketersediaan lumbung pangan di Kabupaten Demak ini ada kurang lebih 36 lumbung pangan masyarakat. Kita berharap setiap desa ada, karena untuk pengendalian pangan lebih strategis tempatnya di desa." Kata Agus. 

Dirinya mengatakan bahwa , kondisi di Kabupaten Demak ini sebagai lumbung pangan nomor tiga tingkat provinsi Jawa Tengah. Yang memiliki berbagai banyak komoditas di Kabupaten Demak. 

"Memiliki ketersediaan pangan yang baik, untuk komoditas beras Kabupaten Demak memiliki produksi padi pada tahun 2021 sebanyak 676.610 ton itu setara dengan beras sebanyak 410.208 ton. Sedangkan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Demak itu hanya kurang lebih 115.459 ton, sehingga surplus sebanyak 294,749 ton." Terangnya. 

Selain itu komoditas yang sudah surplus secara signifikan lainya adalah jagung, kacang hijau, daging, bawang merah. Namun ada beberapa yang minus sehingga harus mendatangkan dari luar daerah seperti kedelai, telur, susu, cabai rawit, dan ubi kayu. (Kominfo/ Rdy/Put).

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 603
Kunjungan Bulan Ini : 3053
Kunjungan Tahun Ini : 199579

Ikuti Kami