Desa Tambak Bulusan Dipilih Menjadi Pilot Project Kampung Pelangi

Demak -  Dinas Pariwisata Kabupaten Demak berencana menjadikan Desa Tambak Bulusan, kecamatan Karangtengah sebagai pilot project pembangunan Kampung Pelangi .

Pembangunan kampung pelangi sebagai wisata pendukung destinasi pantai Istambul (Istana Tambak Bulusan), serta sebagai pendukung wisata belanja pusat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurut Kabid Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Ardhito Wibowo, Kampung Pelangi di bangun guna mendukung pariwisata Pantai Istambul. Selain itu Kampung Pelangi ini juga akan dijadikan sebagai tempat pemusatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut.

 “Artinya pelangi kan bermacam-macam ya, seperti merah, kuning, hijau, biru dan lain-lain. Hal itu dimaksudkan ada bermacam-macam klaster. Ada klaster makanan, ada klaster UMKM, ada klaster hasil laut atau tambak, sehingga dinamakan kampung pelangi,” kata Ardhito saat di temui di ruang kerjanya, Senin (22/08/22).

Ardhito mengatakan, untuk gambaran perencanaan pembuatan Kampung Pelangi tersebut, hanya akan memanfaatkan bangunan yang ada, kemudian diwarnai seperti warna pelangi dan disesuaikan klasternya.

“Jadi bangunan yang ada, pada satu kampungnya dicat secara pelangi. Nanti ada klaster-klaster di beberapa dukuh, lah yang macam macamnya tadi seperti pelangi,” terangnya.

Sementara itu, untuk Master Plan pembangunannya, Detail Enginering Design (DED) sudah dibuat, tinggal menunggu pelaksanannya saja.

Realisasi kampung pelangi awalnya akan dilaksanakan di tahun 2022, namun dikarenakan adanya refokusing anggaran di tahun ini maka pelaksanaannya  menjadi tertunda di tahun 2023.

“Sebenarnya tahun ini mau kita laksanakan namun karena direcofusing, anggarannya tidak ada, maka kita mencoba untuk di angarkan kembali di tahun 2023,” pungaksnya. (kominfo/ist-rd)

 

Tags inovasi ekonomi demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 394
Kunjungan Bulan Ini : 12472
Kunjungan Tahun Ini : 71274

Ikuti Kami