Dinkominfo Gandeng KIM Sosialisasi Gerakan Gempur Rokok Ilegal

Demak – Dalam rangka mengurangi peredaran rokok illegal di Kabupaten Demak, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak menggelar Sosialisasi Gerakan Gempur Rokok Ilegal dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Demak, Kamis (12/05/22) di Ruang Sedeb. Hadir Kabid IKP Agus Pramono serta Sub Koordinator SDA Bagian Perekonomian dan SDA Retno Widiyastuti yang juga selaku narasumber.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkominfo Endah Cahyarini melalui Kabid IKP Agus Pramono menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi bertujuan untuk membentuk agen informasi peredaran rokok ilegal di Kabupaten Demak.

“Kami ingin mengajak para anggota KIM untuk menjadi agen informasi peredaran rokok ilegal di Kabupaten Demak sekaligus untuk membentuk agen perubahan untuk masyarakat untuk tidak menjual serta mengkonsumsi rokok ilegal,”kata Agus.

“Jika nantinya menemui penjual dan mengkonsumsi rokok ilegal di lingkungan masing-masing dapat mengadukan kepada kami (Dinkominfo) agar kami tindak lanjuti,” tambahnya.

Sementara, Sub Koordinator SDA Bagian Perekonomian dan SDA Retno Widiyastuti mengatakan, adapun ciri rokok ilegal Tidak dilekati pita cukai, dilekati pita cukai palsu, dilekati pita cukai yang bukan haknya atau salah personalisasi, dilekati pita cukai yang salah peruntukan, dan dilekati pita cukai bekas atau kadaluarsa.

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan, cara melegalkan rokok illegal dengan cara memiliki NPPBKC (Nomor Pokok Perusahaan Barang Kena Cukai), mengajukan pemeriksaan lokasi bangunan (disertai lokasi usaha), mengajukan permohonan tertulis kepada Kepala Kantor Bea Cukai, dilampiri berita acara pemeriksaan, Nomor Induk Berusaha, Surat Ijin Usaha Perdagangan, NPWP, Kartu Identitas, dan Akta Pendirian Usaha. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 54
Kunjungan Bulan Ini : 7851
Kunjungan Tahun Ini : 55181

Ikuti Kami