Dinlutkan Siapkan Strategi Bebaskan Laut Dari Sampah Plastik

Demak - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak, Nanang Tasunar, menyampaikan bahwa dalam Minggu ini akan diadakan bimbingan teknis (bimtek) tentang pengelolaan limbah plastik dalam produksi garam.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak (Dinlutkan Demak).

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan laut yang bersih dari sampah plastik dengan rutin mengampanyekan kepada para nelayan maupun masyarakat pesisir agar tidak membuang sampah ke laut,” kata Nanang Tasunar. Saat di konfirmasi, Selasa, (11/06/2024).

Nanang juga menjelaskan bahwa para nelayan dan masyarakat pesisir akan diberi edukasi mengenai bahaya sampah plastik yang terbuang ke sungai dan akhirnya mengalir ke laut. 

"Sampah plastik bisa mengancam kelestarian biota laut. Dengan pelibatan nelayan dan masyarakat perikanan dalam membersihkan kawasan sentra nelayan, kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran mereka terhadap masalah sampah,” tambahnya.

Selain itu, kepedulian Pemerintah Kabupaten Demak dalam menjaga kelestarian laut juga diwujudkan lewat penanaman tanaman mangrove di pantai beberapa tahun terakhir, termasuk menjalin kerja sama dengan Kementerian Desa. 

"Penanaman mangrove adalah bagian dari upaya kami untuk melestarikan ekosistem pesisir dan mencegah abrasi,” ungkapnya.

"Harapanya dengan di adakan bimbingan teknis nantinya maka kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan laut dan kelestarian lingkungan semakin meningkat di kalangan nelayan dan masyarakat pesisir Kabupaten Demak," tutupnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 17
Kunjungan Hari Ini : 631
Kunjungan Bulan Ini : 14972
Kunjungan Tahun Ini : 160939

Ikuti Kami