Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Klaster UMKM Dibentuk Dan Dikukuhkan

Demak - Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal, membuka lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan pengangguran, Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah ( Dindakop UKM) menyelenggarakan kegiatan Pengukuhan dan Pembentukan Klaster UMKM, Selasa (11/10/22) di Balai Desa Bonangrejo Kecamatan Bonang.

Kadindakop UKM Iskandar Zulkarnain menyampaikan, pelatihan ini sebagai upaya dalam pembinaan dan pemberdayaan UMKM secara menyeluruh dari hulu ke hilir baik baik dalam manajemen produksi, usaha dan pemasaran dengan memanfaatkan potensi bahan baku lokal sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Demak.

Ia menjelaskan, pembentukan Klaster UMKM di Kecamatan Bonang sebelumnya telah dilakukan identifikasi, verifikasi dan validasi sehingga terbentuk 3 Klaster.

"Setelah kami lakukan identifikasi, verifikasi dan validasi terbentuk 3 Klaster yang meliputi Klaster Enceng gondog  dengan jumlah pelaku usaha 20 orang. Klaster kerupuk ikan jumlah pelaku usaha sebanyak 15 orang. Selanjutnya, Klaster  pengrajin alat penangkap rajungan (bubu) dengan jumlah pelaku usaha sebanyak 4 orang,"terangnya.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti'anah menyampaikan,  pihaknya akan terus berbenah dan melakukan elaborasi di bidang UMKM , yang kali ini di fokuskan pada penguatan pengembangan UMKM di Kecamatan Bonang.

Dalam kegiatan ini Pemkab bersinergi dengan 3 pihak eksternal meliputi Pegadaian,  Unisfat serta marketplace Shoppe.

"Dari Unisfat sendiri kita harapkan dapat memberikan wawasan para pelaku UMKM. Selanjutnya untuk pegadaian kita dorong agar berkenan untuk membantu permodalan yang tentu dengan besaran bungan minimum (kecil),"kata Eisti.

"Sebagai ruang teknis setidaknya masyarakat tidak mengenal marketplace saja, namun juga memahami bagaimana dan seperti apa memanfaatkannya secara optimal salah satunya melalui Shoppe ini,"tambahnya.

Melalui inovasi yang di selaraskan dengan perkembangan zaman tersebut, diharapkan kemandirian ekonomi masyarakat di Kabupaten Demak terus bertumbuh dan berkembang positif. (Kominfo/ist/rd)

Tags ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 456
Kunjungan Bulan Ini : 18984
Kunjungan Tahun Ini : 77786

Ikuti Kami