Faktor Bau Mulut dan Cara Mencegahnya

Demak - Bau mulut dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan Halitosis. Halitosis adalah keadaaan di mana seseorang mengeluarkan bau nafas tidak sedap yang berasal dari dalam mulutnya

Hal tersebut diungkapkan oleh Drg. Hendan Febri Zakaria dari RSUD Sunan Kalijaga Demak saat menjadi narasumber di Radio Suara Kota Wali 104.8 FM. Rabu, (25/10/2023).

"Biasanya ada beberapa kemungkinan penyebab bau mulut, bisa dari faktor luar maupun dalam tubuh. Faktor luar itu seperti adanya sisa makanan di dalam mulut," Kata Zakaria. 

Sedangkan faktor dari dalam mulut kebanyakan berasal dari masalah gigi dan mulut, di antaranya gigi berlubang, karang gigi, penyakit gusi, gigi retak, gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya dengan baik, dan berkurangnya air liur di dalam mulut (xerostomia). 

"Kalau ternyata penyebabnya bukan berasal dari dalam mulut, kemungkinan bisa berasal dari bagian tubuh kamu yang lain seperti, kondisi alergi, radang kronis pada saluran pernapasan, gangguan pencernaan, dan beberapa penyakit dalam lainnya. Jika penyebabnya karena penyakit kesehatan umum seperti itu, segera konsultasikan ke dokter umum yang berhubungan dengan penyakit tersebut ya," ungkapnya. 

Sementara cara untuk menghindari bau mulut yakni yang pertama pastikan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Berkumurlah menggunakan mouthwash dua kali sehari, setelah menyikat gigi di pagi hari dan malam hari. Kemudian membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan dental floss (benang gigi). Jangan lupa menyikat lidah, karena permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan menempel di sana. 

"Usahakan sesering mungkin minum air putih 2 Liter atau 8 gelas sehari. Hindari minum kopi dan usahakan menghentikan kebiasaan merokok, karena kandungan nikotin dan tar dalam rokok akan senantiasa menetap di dalam mulut," jelasnya. 

"Lalu bisa juga dengan mengunyah permen karet bebas gula, agar membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama untuk kamu yang memiliki saliva dengan konsistensi yang kental. Atau yang terakhir kamu juga dapat mengunjungi dokter gigi segera. Mungkin ada gigi yang berlubang, karang gigi, atau masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut," tutupnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 152
Kunjungan Bulan Ini : 862
Kunjungan Tahun Ini : 82256

Ikuti Kami