Gelar Tradisi Wiwit, Pertanda Masuki Musim Tanam

Demak – Sebagai tanda datangnya musim hujan dan telah tiba musim tanam, warga Desa Bonangrejo Kecamatan Bonang menggelar wiwit atau makan bersama di areal persawahan.

Ketua Poktan Setyo Budi, Ahmadi mengatakan, “di awal bulan November 2021 Alhamdulillah Desa Bonangrejo sudah melakukan tradisi wiwit, ini sebagai tanda awal dimulainya musim tanam. Beberapa petani Desa Bonangrejo sudah mulai menanam padi musim tanam (MT) I.” 

Ia menjelaskan biasanya musim hujan diprakirakan datang pada bulan Oktober, namun adanya anomali cuaca menyebabkan kemarau diperpanjang, hal tersebut sempat membuat resah Kelompok Tani “Setyo Budi”.

“Awal November hujan dengan intensitas rendah sudah mulai turun di beberapa wilayah, begitupun  wilayah desa Bonangrejo Kecamatan Bonang, perlahan tapi semoga pasti dan berlanjut,”terangnya.

Ia menjelaskan, MT I varietas yang biasa digunakan yaitu varietas Ciherang. MT II nanti diusahan untuk menerapkan gilir varietas mengantisipasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sebagaimana yang dianjurkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Pengamat Hama Penyakit (PHP).

“Semoga dengan pengolahan tanah yang baik, pemilihan bibit unggul, pengairan yang baik, pemupukan yang tepat dapat menghasilkan produksi yang melimpah, tidak ketinggalan pula pengamatan OPT nya perlu dikawal untuk antisipasi penanganan serangannya sedini mungkin,” tutupnya. (kominfo/ist)

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 17
Kunjungan Hari Ini : 1394
Kunjungan Bulan Ini : 15735
Kunjungan Tahun Ini : 161702

Ikuti Kami