Hindari Penyakit Jantung, Dan Atur Pola Makan

Demak - Gejala serangan jantung dapat terjadi pada siapapun. Salah satu gejala yang sering dijumpai adalah nyeri dada sebelah kiri seperti tertekan atau tertindih, yang dapat menjalar ke daerah leher, rahang, lengan, atau punggung, kemudian timbul sesak nafas seperti tertindih benda berat. Hal ini diungkap oleh dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr.Aulia Rizki Andini, Sp.JP-FIHA, dalam Talkshow di RSKW yang dipandu oleh host Lulu Nagita Rabu(12/06/2024)

Orang dengan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung daripada orang yang tidak memiliki penyakit diabetes. Langkah pencegahan terhadap penyakit jantung dapat dilakukan dengan menghalau faktor resiko yaitu dengan makan makanan yang sehat dan gizi seimbang, pola hidup yang sehat dengan memperbanyak aktifitas fisik seperti rutin melakukan jalan pagi. Jalan pagi yang disarankan adalah 150  menit per minggu dengan persesi selama  30 menit”. Jelas Aulia

Lebih jauh dokter aulia menjelaskan jika sudah ada gejala yang sudah dijelaskan diatas, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat. Nantinya akan dilakukan Rekam jantung, EKG dan Treadmill. Jika sudah dominan ke arah sumbatan bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa CT Scan Cardiografi di RSUD”.

“Jangan menunggu sakit baru periksa, terutama dengan orang yang sudah memiliki faktor resiko seperti penderita Diabetes, Tekanan darah tinggi, atau orang yang mimiliki faktor genetik penyakit jantung. Satu hal yang penting adalah hindari merokok”. Tambah Aulia. (Kominfo/Nin)

Tags layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 41
Kunjungan Bulan Ini : 13502
Kunjungan Tahun Ini : 190729

Ikuti Kami