Hindari Penyalahgunaan Kenaikan Harga Cukai, Pemkab Demak Gencarkan Sidak

Demak –Seksi Penindakan Penyidikan Bea Cukai Semarang Wanpiliantoro menyadari ada resiko peningkatan peredaran atau jual beli rokok illegal setelah ada kenaikan cukai rokok setiap tahunnya.

“Kenaikan tarif cukai akan dimanfaatkan celah harga itu (harga murah) oleh pengusaha rokok ilegal”, kata Wanpiliantoro.

Menurut Wanpiliantoro, potensi peredaran rokok illegal memang masih tetap ada. Namun, Bea Cukai juga melakukan sinergitas gabungan dengan Satpol PP Demak untuk mengumpulkan informasi peredaran rokok illegal. “Pemkab Demak melalui Satpol PP melakukan kegiatan non yustisial pengumpulan informasi peredaran barang kena cukai illegal dengan menyasar kios atau toko yang diduga menjual rokok illegal”,kata Wanpiliantoro saat mengikuti kegiatan.

Menanggapi masalah tersebut Kasi Penyelidikan dan Penyidikan  Aryo Soebajoe mengungkapkan, pihaknya yang tergabung dalam Tim Yustisi Penegakan Produk Hukum Daerah Kabupaten Demak akan secara continue melaksanakan kegiatan non yustisial tersebut.

“Kegitan non yustisial ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Hal tersebut dimaksudkan agar lingkungan Kabupaten Demak tidak ada lagi peredaran rokok illegal sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor penerimaan cukai”, ujarnya disela-sela melakukan sidak, Kamis (18/2/21).

Ditambahkan Aryo, kios dan toko yang menjadi sasaran sidak sebelumnya telah dilakukan pengawasan oleh petugas. Dijelaskan pula, tidak ada penyitaan dalam kegiatan tersebut. Rokok yang diduga illegal akan dibeli untuk dijadikan sempel kemudian akan dikirimkan ke kanto Bea Cukai Semarang untuk dilakukan pengecekan.

“Kami membeli rokok tersebut untuk dijadikan sempel dan dikirimkan ke Kantor Bea Cukai Semarang untuk dilakukan pengecekan untuk mengetahui apakah rokok tersebut bermasalah”, pungkasnya (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 17
Kunjungan Hari Ini : 95
Kunjungan Bulan Ini : 15871
Kunjungan Tahun Ini : 161838

Ikuti Kami