Inilah Organ Tubuh Yang Wajib Dijaga Kesehatanya

Demak - Ginjal merupakan organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang tubuh manusia. Walaupun hanya berukuran layaknya satu kepalan tangan, ginjal merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan wajib dijaga.

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Diana Primadianti, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak saat menjadi narasumber di studio RSKW 104.8 FM yang mengangkat tema 'Ginjal Sehat Untuk Semua', Rabu, (8/3/23). 

"Ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting antara lain membuang sisa sisa metabolisme atau zat racun dari dalam tubuh kita, mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, mengatur metabolisme zat - zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti metabolisme Vit D, memproduksi eritropoetin untuk pembentukan sel darah merah dan lain-lain," Kata dr. Diana. 

Dalam kesempatan tersebut dirinya megaskan bahwa sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. 

"Cukupi kebutuhan cairan, untuk yang ginjalnya masih sehat minumlah air putih minimal 8 gelas sehari, kemudian makanlah makanan yang seimbang. Hindari makanan yang mengandung pengawet, jangan berlebihan mengkonsumsi makanan terlalu asin atau terlalu manis karena beresiko menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes melitus atau kencing manis," terang dr. Diana. 

Apabila sudah terdeteksi menderita kencing manis atau hipertensi, usahakan untuk selalu kontrol teratur ke Rumah Sakit, Puskesmas atau dokter terdekat.

"Jaga asupan makan kita, hidup teratur, cukup olah raga dan istirahat, minum obat teratur sesuai dengan snhuran dokter, sehingga bisa terhindar dari penyakit ginjal kronis," ungkapnya. 

dr. Diana Primadianti, Sp.PD juga menyampaikan apa yang menyebabkan kerusakan pada ginjal, seperti penyakit tekanan darah tinggi dan hipertensi yang tidak terkontrol, kondisi dehidrasi yang berlangsung lama, adanya batu ginjal atau saluran kemih yang menyebabkan aliran ginjal terganggu. 

"Sehingga dari beberapa hal penyebab kerusakan pada ginjal dapat dicegah dengan menjaga kondisi ginjalnya. Jangan sampai kondisi ginjalnya bertambah buruk. Dengan cara mengontrol penyakit yang sudah diderita, tekanan darah tinggi dan kencing manisnya harus di kontrol lebih baik lagi, dengan minum obat teratur, menjaga pola makan sesuai anjuran dokter," Pungkasnya. (Kominfo/Apj-Rd).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 197
Kunjungan Bulan Ini : 197
Kunjungan Tahun Ini : 177424

Ikuti Kami