Kadinkes Demak : Pemkab Demak Layak Terima Sertifikat Eradikasi Frambusia

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak layak menerima sertifikat eradikasi frambusia. Alasannya, Demak adalah daerah non endemis frambusia, selain itu lebih dari 3 tahun tidak ada kasus frambusia di Kabupaten Demak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Ali Maimun di hadapan Tim Penilai Sertifikasi Eradikasi Frambusia, Senin (25/09/23) bertempat di Pendopo Satya Bhakti Praja.

“Dari Pelaporan rutin frambusia oleh Puskesmas, Pemkab Demak lebih dari 3 tahun tidak ada kasus frambusia dan siap menerima sertifikat eradikasi frambusia,”kata Ali.

Dijelaskan Ali, frambusia merupakan penyakit kulit kronis dan menular dan termasuk kategori penyakit kulit terabaikan. Frambusia paling sering mempengaruhi anak-anak di daerah tropis Afrika, Asia, dan Amerika Latin.

“Frambusia menyebar melalui kontak langsung dengan kulit orang yang terinfeksi. Luka tunggal mirip buah berry pada kulit adalah tanda awal dari frambusia. Jika tidak ditangani, frambusia dapat menyebabkan kerusakan dan cacat,”terangnya.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah mengatakan Pemkab Demak berkomitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Sosialisasi terkait perilaku bersih dan sehat terus di lakukan bahkan setiap tokoh kita gadeng, kita lakukan screening. Hasilnya, berkat kolaborasi semua pihak, tidak ditemukan kasus frambusia di Kabupaten Demak,”kata Eisti.

Eradikasi frambusia merupakan misi, mengingat penyakit frambusia merupakan penyakit menular yang bisa mengakibatkan cacat pada tulang sehingga menimbulkan kelumpuhan.

Eisti berharap, setelah dilakukan penilaian dilapangan yang dilakukan di Puskesmas Kebonagung dan Puskesmas Wedung II pada tanggal 26 mendatang oleh Tim Penilai, Kabupaten Demak bisa mendapat rekomendasi sertifikasi eradikasi frambusia. (kominfo/ist)

 

 

 

 

 

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 698
Kunjungan Bulan Ini : 6702
Kunjungan Tahun Ini : 88096

Ikuti Kami