Kemenkominfo Gelar Rakor Tindak Lanjut Pembagian STB Untuk Rumah Tangga Miskin

Demak – Dalam rangka migrasi penyiaran analog ke digital, pemerintah melalui Kemenkominfo membantu penyediaan Set Top Box (STB) bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran digital pada saat dilakukannya ASO (Analog Switch Off). Penyediaan tersebut bersumber dari komitmen penyelenggaran multipleksing

Namun dari hasil pelaksanaan ASO tahap pertama ditemukan beberapa kendala riil di lapangan dalam pendistrisibusian STB. Melihat kondisi demikian Kemenkominfo menggelar zoom meeting yang melibatkan Dinas Kominfo dan Dinas Sosial se-Indonesia. Turut mengikuti secara hybrid dari Ruang Sedep Dinkominfo Kabupaten Demak. 

Plt. Dirjen PP Ismail menyampaikan, adapun beberapa kendala yang dialami diantaranya tim lapangan kesulitan menemukan alamat penerima bantuan STB dikarenakan alamat yang bersumber dari DTKS kurang lengkap, tim lapangan menemukan bahwa daerah penerima bantuan STB saat ini belum terjangkau siaran televisi digital serta kendala teknis pada saat pemindaian QR Code yang memerlukan akses internet sehingga membutuhkan waktu tambahan dalam penginputan data penerima STB.

“Dengan kendala ini, kami meminta bantuan kepada Dinas Kominfo dan Dinas Sosial agar memonitor pelaksanaan distribusi bantuan STB di wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi masing-masing dan turut mensosialisasikan pelaksanaan ASO,”terangnya.


Dirinya menjelaskan, pembagian STB akan dilakukan oleh PT. Pos Indonesia dengan diantar oleh petugas/tim lapangan yang sudah disiapkan sekaligus melakukan verifikasi data penerima STB oleh Kemensos dimana alokasinya by name by address yang bersifat rahasia yang nantinya data tersebut akan dipegang oleh Kepala Dinkominfo atau Dinsos Daerah masing-masing.


“Kementerian Kominfo akan melakukan follow up secara berkala setiap bulan untuk pelaksanaan ASO dan pendistribusian STB agar kedepannya dapat berjalan dengan baik,”pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 8
Kunjungan Hari Ini : 522
Kunjungan Bulan Ini : 19952
Kunjungan Tahun Ini : 78754

Ikuti Kami