KPU Datangi Sekretariat Parpol Untuk Verifikasi Faktual

Demak – Kepengurusan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 di Kabupaten Demak kini sudah memasuki tahapan verifikasi faktual (verfak). Terbukti dengan adanya verfak pada hari Senin, 17 Oktober 2022 untuk partai politik (parpol) Ummat. 

Verifikasi faktual kepengurusan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 akan di selenggarakan kembali pada hari Selasa 18 Oktober 2022 untuk Parpol PBB, Partai Gelora, Partai Perindo, Partai Garuda dan Partai PSI. Sedangkan untuk hari Rabu, 19 Oktober 2022 Partai Hanura, Partai PKN, dan Partai Buruh.

“Sesuai jadwal yang terlampir verfak akan di laksanakan tiga hari, pada hari Senin, tanggal 17 Oktober hingga Rabu, 19 Oktober 2022.” Kata Aldila KPU Demak Selasa, (18/10/22)

Sementara Ketua KPU Demak Bambang Setia Budi, dalam fase verfak kepengurusan yang telah berjalan kemarin menyampaikan bahwa ada tiga hal yang menjadi dasar sasaran verifikasi KPU.

“Verifikasi faktual kepengurusan merupakan tahapan bagaimana kita melakukan pencocokan data dari Sipol dengan bukti identitas asli yakni KTP dan KTA, lalu juga pembuktian keterwakilan perempuan serta melihat keberadaan, kondisi dan kelengkapan kantor,” Jelas Ketua KPU saat melakukan verfak hari pertama di sekretariat Partai Ummat Demak.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan apabila pada saat KPU melakukan verifikasi ke pihak anggota namun anggota partai politik tidak ada di tempat bisa melakukan mekanisme melalui media online.

“Jika pihak partai tidak di tempat maka pihak tersebut akan di undang ke KPU atau apabila masih tidak dapat hadir juga maka bisa melalui media online dengan cara melakukan panggilan Video Call.”

Disisi lain ketua Bawaslu Khoerul Saleh menyampaikan, bahwa Bawaslu bersama KPU akan memastikan rangkaian proses verfak sesuai dengan regulasi yang ada. Tugas Bawaslu untuk memastikan, bahwa apa yang telah di siapkan oleh partai politik peserta pemilu sudah sesuai dengan syarat dan ketentuannya. (Kominfo/Apj-Rd).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 557
Kunjungan Bulan Ini : 29402
Kunjungan Tahun Ini : 175369

Ikuti Kami