KPU Siapkan Transparansi Pada Pemilu Serentak Tahun 2024

Demak - Guna mempersiapkan pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 yang transparan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak menggelar Rapat Evaluasi Website, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Ruang Rapat KPU.

Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi menyampaikan, salah satu kunci sukses dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 adalah tranparansi atau keterbukaan informasi yang dikomandoi oleh PPID dan Bakohumas.

“Humas memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah institusi. Humas membangun citra lembaga, menunjukkan kinerja dan apa saja yang sedang dikerjakan,” kata Bambang.

Apalagi, lanjut dia, di periode pasca election (paska pemilu), masyarakat pasti ingin tahu apa saja yang dikerjakan KPU selama tidak ada masa tahapan.

“Bakohumas adalah corong wajah KPU yang menyediakan dan menyajikan data untuk dikonsumsi masyarakat,” ujarnya.

Dalam rapat evaluasi tersebut pihaknya membedah isi dan juga pelayanan informasi yang selama ini sudah dilakukan KPU Demak. “Kedepannya kita bisa meningkatkan kualitas pelayanan Informasi dan menyajikan informasi yang transparan dan akurat,” imbuhnya.

Sementara salah satu komisioner KPU, Hastin Atas Asih mengungkapkan di era informasi atau digital yang cepat dan kebutuhan informasi yang tinggi, fungsi humas menjadi sangat penting. Ibarat orang berkomunikasi, humas adalah pemberi kesan. Kesan yang baik akan menggambarkan bagaimana tampilan seseorang atau institusi.

Hastinmenyebut, Humas merupakan tampilan dari pihaknya, selain bertatap muka, bagaiman cara berkomunikasi di media jejaring juga harus diperhatikan.

“Jika kesan penampilan website dan media sosial kita bagus dan didukung dengan informasi yang akurat maka masyarakat akan menjadikan KPU sebagai sumber informasi utama. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk mengatasi informasi hoaks yang berkembang. Apalagi dimasa tahapan pemilu ataupun pemilihan serentak 2024 nanti yang,” terangnya, Kamis (14/04/22) saat dihubungi melalui WA. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 22
Kunjungan Hari Ini : 610
Kunjungan Bulan Ini : 27188
Kunjungan Tahun Ini : 173155

Ikuti Kami