Mabes Polri Bergerak Cepat Salurkan Bantuan dan Tim Kemanusiaan bagi Korban Banjir Demak

Demak - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mengambil langkah nyata dalam membantu korban banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dengan mengirimkan tim kemanusiaan dan ribuan paket bantuan ke daerah yang terdampak bencana hidrometeorologi. Sabtu, (23/03/2024).

Kegiatan ini direspon sebagai upaya mendukung pemulihan dan meringankan beban penderitaan yang dialami masyarakat akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar.

Sebanyak 110 personel yang terbagi dalam tiga tim telah diberangkatkan, yang masing-masing terdiri dari Tim Trauma Healing dan Konselor, Tim Dokkes Polri, serta Tim Polwan Tanggap Bencana. Kehadiran mereka di Kabupaten Demak dimaksudkan untuk memberikan dukungan psikologis, medis, dan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.

Irjen Pol. Deddy Prasetyo, Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, menyatakan, “Kami datang ke Desa Ngaluran untuk meninjau langsung kondisi pengungsian. Berkat sinergitas dan kolaborasi TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan relawan, penanganan banjir di Demak dapat dilakukan dengan baik.” kata Irjen Pol. Deddy Prasetyo 

Dalam kesempatan yang sama, Deddy menyebutkan bahwa Mabes Polri telah mengirimkan bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya, mencakup obat-obatan, paket untuk anak-anak, pakaian, beras, air mineral, mi instan, dan makanan cepat saji dengan total 50.789 paket yang disalurkan kepada korban banjir.

Tim trauma healing Polri diharapkan dapat bekerja bersama dengan tim yang sudah ada di Polda Jawa Tengah untuk memberikan penguatan mental bagi para pengungsi. Selain itu, tim Dokkes Polri akan bekerjasama dengan tenaga kesehatan setempat dalam memberikan layanan medis, sedangkan Tim Polwan Tanggap Bencana akan membantu kegiatan dapur umum yang berada di lokasi pengungsian.

Durasi penugasan tim kemanusiaan Polri di Demak akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan. Deddy berharap, “Bantuan yang kami bawa ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi saudara-saudara kita yang terdampak banjir, dan semoga dengan kerja sama semua pihak, bencana ini dapat segera teratasi.” ungkapnya.

Sementara Bupati Demak Eisti'anah, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Mabes Polri atas kontribusi dan dukungan yang telah diberikan kepada masyarakat Demak. 

“Kami sangat mengapresiasi bantuan dari jajaran Kepolisian yang telah berpartisipasi aktif dalam penanganan korban banjir dan tanggul jebol di Sungai Wulan. Terima kasih atas semua dukungan yang diberikan, semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat kami,” kata Bupati Demak. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 447
Kunjungan Bulan Ini : 447
Kunjungan Tahun Ini : 81841

Ikuti Kami