Melestarikan Kearifan Lokal dan Budaya Demak Melalui Pegelaran Catur Sasangka

Demak - Pemerintah Kabupaten Demak bersama Sanggar Seni Padma Baswara, bersinergi menggelar pagelaran seni dengan sebutan "Catur Sasangka", pada hari Sabtu-Minggu, 26 - 27 Agustus 2023. Pagelaran ini di gelar dalam rangka menjaga kelestarian budaya kearifan lokal yang merupakan warisan leluhur Demak. 

Catur Sasangka merupakan wadah pagelaran seni dan tradisi yang melibatkan berbagai seniman dan budayawan muda Demak untuk dapat dinikmati dan menjadi pusat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Demak.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini di sela - sela kegiatan persiapan event 'Catur Sasangka' di Pendopo Notobratan Kadilangu, Kec. Wonosalam, Kabupaten Demak. Jum'at, (25/8/23). 

Endah menyampaikan bahwa kegiatan Catur Sasangka tidak hanya dapat dinikmati secara langsung oleh warga Demak, namun juga dapat dinikmati melalui media online untuk warga di luar Kabupaten Demak. 

"Salah satu tujuan Catur Sasangka untuk menarik minat wisatawan Mancanegara agar dapat singgah ke Kabupaten Demak, sehingga kegiatan ini dapat disaksikan secara online oleh khayalak ramai di kanal resmi Dinas Pariwisata Demak yang mendapat support penuh dari Dinkominfo Demak," terang Endah. 

Pada kesempatan tersebut Endah juga mengajak untuk warga masyarakat Kabupaten Demak agar dapat menikmati pagelaran yang sudah di suguhkan oleh Pemkab Demak. 

"Saya harap untuk rekan - rekan semua dapat ikut memeriahkan kegiatan hari ini, melihat nanti juga akan ada pasar ndoro bei sehingga ini suatu bentuk kami untuk nguri - nguri budoyo, di zaman dahulu kala, " jelasnya. 

"Ayo ajak seluruh saudara, teman - teman anda semua, pasangan, anak, cucu untuk hadir menyaksikan pagelaran catur Sasangka di Kabupaten Demak. Karena ini memang baru pertama kali di gelar di Kabupaten Demak. Harap saya warga masyarakat Kabupaten Demak berperan aktif dalam kegiatan tersebut, " pungkasnya. (Kominfo/Apj/ist).

Tags musik hiburan wisata seni-dan-budaya inovasi pendidikan sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motiv

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 133
Kunjungan Bulan Ini : 20518
Kunjungan Tahun Ini : 79320

Ikuti Kami