Peluncuran JDIH Dan SIAMAT Sebagai Bentuk Dukungan Demak Smart City

Demak – Sekretariat DPRD Kabupaten Demak meluncurkan aplikasi JDIH dan SIAMAT atau aplikasi agenda manajemen rapat. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengelolaan setiap kegiatan DPRD.

“Jadi pada saat yang sama hasil kerja para wakil rakyat bisa diakses secara mudah, cepat, transparan dan canggih oleh masyarakat,” kata Sekretaris DPRD Kabupaten Demak Taufik Rifai.

Taufik menjelaskan peluncuran aplikasi tersebut merupakan bagian sekaligus dukungan Demak Smart City dengan melakukan digitalisasi.

Dirinya menyampaikan, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dibangun menindaklanjuti amanah perundangan. Yakni Perpres Nomor 33 tahun 2012 tentang JDIH Nasional, PerMendagri Nomor 2 tahun 2014 tentang pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi, serta PerMenkumham Nomor 8 tahun 2019 tentang standar pengelolaan dokumen dan informasi hukum kemendagri dan pemerintahan daerah.

JDIH adalah wadah sekaligus layanan sumber informasi bagi masyarakat tentang produk dan dokumen hukum khusus lembaga legislatif tersebut.

“Setelah diunggah di jdih.dprd.demakkab.go.id, semua produk hukum yang dikelola DPRD, termasuk risalah rapat alat kelengkapan dewan bisa diakses masyarakat. Karena adanya aplikasi JDIH ini sebagai bentuk transparansi kinerja para wakil rakyat khususnya terkait produk dan dokumen hukum DPRD,” ujarnya.

Sedangkan SIAMAT dirancang dengan maksud mempermudah pengelolaan kegiatan DPRD. Nantinya, SIAMAT dihubungkan ke gadget atau telepon genggam anggota DPRD. Sehingga ketika ada kegiatan DPRD, semua yang terhubung aplikasi akan mendapatkan notifikasi.

Sementara Kasubbag Rapat dan Risalah di Bagian Persidangan Budhi Prabowo menambahkan, website DPRD yang telah lama terpublikasi juga dilakukan upgrade.

“Sehingga lebih muda cepat diakses masyarakat, sebagai bentuk penyesuaian dan sinergi lembaga legislatif dengan eksekutif dalam mewujudkan Demak Smart City,”pungkasnya. (kominfo/ist)

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 31
Kunjungan Hari Ini : 605
Kunjungan Bulan Ini : 27183
Kunjungan Tahun Ini : 173150

Ikuti Kami