Pemerintah Rencanakan Bangun Tanggul Laut Di Demak, Untuk Atasi Rob

 

Demak – Pemerintah melalui Kementerian PUPR berencana akan membuat tanggul laut sepanjang kurang lebih 15km yang menghubungkan 4 kecamatan terdampak rob, meliputi Sayung, Karangtengah, Bonang dan Wedung.

Demikian disampaikan Bupati Demak, Eisti'anah seusai menerima kunjungan kerja Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR di lokasi rob Desa Timbulsloko Kecamatan Sayung.

“Tadi kita usulkan untuk membuat tanggul laut, kita punya jalan Kabupaten yang akan kita hidupkan lagi dan nantinya akan menjadi tanggul laut sekaligus daerah-daerah yang ada di dalamnya”, kata Eisti'anah

“Kita berusaha untuk menyajikan daerah mana saja yang terdampak, semoga terealisasi. Tadi sudah dihitung-hitung tetapi secara rincinya belum, namun dari hitungan kasar yang dilakukan, akan memakan anggaran sebesar 150Miliar ,semoga di tahun 2023 bisa terealisasi,"tambahnya.

Eisti mengungkapkan, selama ini dalam penanganan rob, pihak Pemkab telah menganggarkan anggaran peninggian jalan. Namun hanya dalam hitungan 1 atau 2 tahun, jalan tersebut kembali terendam.

“Jadi memang terkendalanya di kita, jalan sering di bangun atau dilakukan peninggian jalan, tetapi selisih 1 atau 2 tahun sudah tenggelam,”terangnya.

Sementara, Abdul Malik, Direktur Pengairan dan Irigasi mengatakan akan membantu mulai dari periode desainnya dengan memanfaatkan trase jalan Kabupaten Demak untuk menjadi tanggul. Dirinya berharap, periode desainnya bisa usai pada tahun 2023.

"Tentu karena skala permasalahan sudah menahun, kita harus berhati-hati dalam mendesainya dan melakukan sesuatu yang cost effective. Mudah-mudahan dengan dukungan kerja sama, dari Pemkab Demak, Pemprov Jateng, Kementerian PUPR bersama Bappenas juga akan kita tangani aksinya di sini " jelasnya.

Lebih lanjut Abdul Malik mengatakan, dampak dari rob di Demak, juga masuk dalam fokus perhatian nasional, karena ini bagian dari Pengendalian Terpadu Pantai Utara Jawa.

Terpisah Kepada Dinputaru Akhmad Sugiyarto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah peduli dengan banjir rob di wilayah Demak.

“Kunjungan Tim Pusat ke Demak kemarin membawa angin segar, setidaknya permasalahan rob di Demak sudah menjadi salah satu prioritas penanganan dari Pemerintah Pusat,” kata Sugiyarto (kominfo/ist-rdy)

 

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 2
Kunjungan Hari Ini : 113
Kunjungan Bulan Ini : 13015
Kunjungan Tahun Ini : 71817

Ikuti Kami