Pemkab Demak Gelar Rakor Penanganan Bencana Banjir di Kabupaten Demak

Demak - Bupati Demak Eisti'anah menggelar Rapat Koordinasi Penangganan Bencana Banjir di Kabupaten Demak, Selasa (13/02/24) bertempat di Gedung Gradhika Bina Praja.

 

Acara yang dihadiri Forkopimda, Sekda Demak beserta Asisten serta diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah, membahas terkait pembentukan Pos Komando Darurat Bencana Banjir di Kabupaten Demak Tahun 2024.

 

Bupati Demak Eisti'anah menyampaikannya, adapun tugas Pos Komando Darurat Bencana Banjir meliputi, menyusun rencana operasi, langkah - langkah kesiapsiagaan dan kebutuhan sarana prasarana serta anggaran. Menyusun rencana evakuasi dan penyiapkan rencana lokasi evakuasi. Melaksanakan koordinasi lintas sektor.

 

Kemudian, melaksanakan sosialisasi, edukasi dan pelatihan mekanisme tanggap darurat, bencana kepada masyarakat di wilayah potensi bencana. Menyusun data, informasi dan pelaporan. Menyiapkan call center pelaporan dan pelayanan cepat penanggulangan bencana. Dan melaksanakan pemantauan melalui sistem peringatan dini dan pendampingan Pos Komando lapangan.

 

 

" Pemda sudah mengeluarkan SK darurat bencana banjir diharapkan dapat melakukan koordinasi yang baik sehingga kita dapat menyelesaikan masalah banjir dengan cepat, " kata Eisti.

 

Hal serupa disampaikan Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya, koordinasi dalam penanganan bencana perlu dilakukan. 

 

"Harus menyamakan data agar bisa saling koordinasi dalam penanganan bencana. Semoga semua lini bisa satu pintu untuk menyamakan persepsi dalam penanganan bencana," kata AKBP Muhammad Purbaya.

 

" Bergerak satu komando jika ada bantuan, sehingga bantuan dapat terdistribusikan sesuai kebutuhan pengungsi," tambahnya. ( Kominfo/ist-rd)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 73
Kunjungan Bulan Ini : 4104
Kunjungan Tahun Ini : 85498

Ikuti Kami