Pemkab Demak Terima Penghargaan Pemrakarsa Pawai Delman Terbanyak Dari MURI

DEMAK – Museum Rekor Indonesia (MURI) adalah lembaga pencatat rekor pertama di Indonesia yang didirikan oleh Jaya Suprana pada tanggal 27 Januari 1990 dengan tujuan untuk mengapresiasi sebuah bentuk karsa maupun karya yang diciptakan oleh setiap warga negara Indonesia, serta mendukung sarana pencatat sejarah dan menginspirasi profesionalisme dan integritas generasi penerus.

Demikian ungkap Sri Widayati Representatif dari MURI  pada acara penganugerahan kepada Pemkab Demak sebagai pemrakarsa pawai delman terbanyak, dalam iringan prajurit patang puluhan, Minggu (10/07)  di Kadilangu Demak. Bupati Eisti’anah  menerima piagam penghargaan Pemrakarsa dan Penyelenggara Pawai Delman Terbanyak Dari MURI yang menumbangkan rekor sebelumnya dipegang oleh Pemkab Bogor sebanyak 123 delman. Rekor ini tercatat sebagai rekor yang ke-10.426 di Museum Rekor Dunia Indonesia.

“Bukan kali pertama, lanjut Widayati, Kabupaten Demak mencatatkan prestasinya di MURI, karena sebelumnya kami telah mencatat beberapa rekor yang pernah dicapai. Di antaranya adalah kerja bakti membersihkan sungai terpanjang pada 5 Februari 2006, festival kuda kepang terlama 36 jam pada 6 Desember 2009”, ujar Wida.

“Ada ruwatan dengan peserta terbanyak pada Desember 2012, membersihkan sungai dengan peserta terbanyak 27.000 orang pada Juni 2014 dan khatam Al-Quran dan terjemahannya dengan peserta terbanyak 11.983 orang pada Oktober 2018”, lanjutnya.

Sementara itu Plt. Ka. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan bahwa kegiatan grebeg besar yaitu iring-iringan prajurit patangpuluhan sudah dua tahun tidak dilakukan, dan untuk tahun ini Pemkab berkeinginan agar perayaan grebeg besar bisa meriah, semarak dan akbar.

“Seperti kita ketahui bahwa dokar adalah salah satu transportasi tradisional yang pernah jaya pada jamannya. Pada tahun ini kita bisa memecahkan rekor MURI dengan 137 delman dan 2 kereta kencana. Tentunya kita berharap untuk selanjutnya bisa memecahkan rekor MURI yang lain”, jelasnya.(Kominfo/mk)

Tags inovasi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 575
Kunjungan Bulan Ini : 3025
Kunjungan Tahun Ini : 199551

Ikuti Kami