Penanganan Banjir Demak, BNPB Gunakan Teknologi Modifikasi Bencana

Demak - Pada Jumat pekan lalu (16/2/24) Pj gubernur jawa tengah Nana Sudjana saat mengunjungi posko terpadu darurat bencana banjir di kabupaten Demak menyampaikan, untuk penanganan ini juga di gunakan Tekhnologi Modifikasi cuaca ( TMC) yang mengalihkan awan dari posisi di sekitar sungai wulan sehingga mengurangi intensitas curah hujan. 

Dalam pelaksanaanya Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang di release dari portal resmi BNPB menyampaikan, TMC yang diprakarsai BNPB bersama BMKG, BRIN, BPBD Provinsi Jawa Tengah, TNI, pihak Lanud dan Otoritas Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, terus dilakukan demi mengurangi dampak banjir yang melanda wilayah Kabupaten Demak dan sekitarnya.

Pada operasi TMC hingga hari ketiga ini atau Sabtu (17/2), tim kembali menyemai bahan Natrium Clorida (NaCl) sebanyak tiga ton melalui tiga kali sortie yang dilakukan selama kurang lebih tujuh jam penerbangan.

Adapun pada sortie pertama, penyemaian NaCl dilakukan di atas langit wilayah perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di area Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri kemudian melalui wilayah Provinsi DI Yogyakarta serta Kabupaten Klaten di Jawa Tengah dengan ketinggian jelajah 12 ribu kaki.

Sortie kedua dilakukan penyemaian di wilayah Laut Jawa dan bagian utara Kota Semarang dengan ketinggian 10 ribu kaki. Selanjutnya untuk sortie ketiga, tim telah menyemai NaCl di wilayah Solo Raya, DI Yogyakarta, Kabupaten Magelang dan Wonosobo pada ketinggian jelajah 12 ribu kaki.

Pada hari sebelumnya atau Jumat (16/2), operasi TMC dilakukan selama tiga kali sortie selama kurang lebih tujuh jam penerbangan dengan total bahan NaCl yang disemai sebanyak tiga ton. Adapun cakupan wilayah penyemaian dilakukan di area Kota Salatiga, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Boyolali, Blora, Sragen, DI Yogyakarta dan Selatan Laut Jawa Tengah. (Kominfo/ ist- apj/ry)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 24
Kunjungan Hari Ini : 1264
Kunjungan Bulan Ini : 15605
Kunjungan Tahun Ini : 161572

Ikuti Kami