PKK RW 25 Pucang Argo Jawara Festival UMKM Batursari

Demak - Tim PKK RW 25 Pucang Argo berhasil menjadi jawara dalam Festival UMKM Batursari, yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Minggu (9/10/22). Dalam festival yang digelar Berbakat (Bersama Batursari Hebat) dan Pemdes Batursari, Kecamatan Mranggen, tersebut, Tim PKK RW 25 berhasil menyisihkan 40 RW lainnya dan merebut tropi juara pertama dan uang pembinaan.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Puskesmas Mranggen II tersebut dihadiri langsung Bupati Demak Hj Eisti’anah, Plt Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahya Rini, Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo, dan Kepala Desa Batursari Sutikno.

Bupati Eisti menyatakan sangat bersyukur dan senang dengan antusiasme warga Batursari dalam mengikuti Festival UMKM dan juga lomba senam Maumere. Acara bahkan diikuti ratusan warga yang hadir dari berbagai sudut kampung dan kompleks perumahan di desa tersebut.

‘’Saya sangat senang dan bersyukur, animo masyarakat sangat tinggi, terbukti bazzar UMKM diikuti Tim PKK dari seluruh RW di sini. Saya berharap, warga terus mengembangkan kreatifitas dan inovasinya dalam mengembangkan sektor UMKM, sehingga dapat membantu menambah penghasilan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,’’ ujar Eisti.

Ketua Berbakat yang juga ketua panitia acara, Yustika, mengatakan, melalui festival ini, para pelaku UMKM di Desa Batursari dapat naik kelas dan mampu bersaing dengan pelaku UMKM dari wilayah lain di Mranggen, maupun Demak.

Camat Mranggen Wiwin Edi Wibowo berharap agar para pelaku UMKM dari Batursari dan Mranggen pada umumnya, dapat diikutkan pada ajang Tembiring Creative Fun (TCF) yang dihelat oleh Dinas Pariwisata Demak.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Demak Endah Cahya Rini menyambut baik usulan Camat Mranggen, dan membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pelaku UMKM Batursari untuk ikut serta dalam ajang TCF yang digelar setiap Minggu di Taman Parkir Tembiring Jogo Indah. Ajang yang dimulai 11 September lalu, diinisiasi Dinparta Demak sebagai ajang warga Demak untuk menampilkan kreasi, inovasidan ekspresi seni budaya sekaligus melestarikan kearifan lokal Demak.

Bupati Eisti usai membuka festival, langsung berkeliling ke stand-stand bazar UMKM. Tim PKK RW 25 Pucang Argo dalam bazar ini menampilkan aneka kreasi produk UMKM unggulan, antara lain minuman rempah, aneka makanan seperti pie susu, tiwul ayu, tahu dan tempe bacem, kentang mustofa, stik ubi ungu, keripik daun singkong, serta tas dan buket untuk wisuda, ultah dan pernikahan. Juara dua lomba bazar diraih RW 34 disusul juara tiga RW 26. Harapan 1,2 dan 3 yakni RW 28, RW 41 dan RW 14.

Festival UMKM kian meriah dengan lomba senam Maumere, yang dimenangkan tim dari RW 14 (juara 1), RW 40 (juara 2), dan RW 18 (juara 3). Sedangkan RW 15, RW 34, dan RW 28 masing-masing meraih juara harapan 1, 2 dan 3.

Ketua RW 25 Pucang Argo Retno Wahyudianto mengaku bangga dan bersyukur tim PKK RW-nya berhasil merebut juara pertama. ''Ini hasil yang luar biasa. Terima kasih untuk ibu-ibu PKK yang sudah mempersiapkan berbagai kreasi dan inovasi dari UMKM milik warga kami. Semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa mendatang,'' tegas Ino, sapaan akrabnya. (Sumber Rmol Jateng)

Tags ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 135
Kunjungan Bulan Ini : 19565
Kunjungan Tahun Ini : 78367

Ikuti Kami