Sebanyak 116 Kasus DBD di Demak, 1 Orang Meninggal

Demak - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Demak di tahun 2022 sampai saat ini sebanyak 116 kasus. Yakni mulai pada bulan Januari 43 kasus, Februari 30 kasus, Maret 13 kasus, April 15 kasus, Mei 12 kasus dan Juni 3 kasus. Dengan adanya kasus tersebut sehingga satu korban jiwa meninggal dunia.

Hal ini di ungkapkan oleh Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi kepada tim pemberitaan Kominfo, Jum’at, (17/6/22).

Dirinya mengungkapkan bahwa pihak Dinas kesehatan telah menjalankan strategi untuk pencegahan DBD di Kabupaten Demak.

“Strategi yang dilakukan Dinas kesehatan terintegrasi bersama puskesmas antara lain dengan melakukan sosialisasi dan penggerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M plus, pemberian larvasida (Abate), kemudian juga melakukan gerakan satu rumah satu Jumantik (G1R1J),” ungkapnya.

Adapun pencegahan demam berdarah dengue PSN 3M Plus yakni menguras dan membersihkan tempat penampungan air, seperti bak mandi. Menutup rapat semua tempat penampungan air, memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas, dan PLUS mencegah perkembangbiakan nyamuk, seperti menggunakan obat anti nyamuk, tidak menggantung pakaian di dalam kamar, dan lainnya.

Selain itu, lanjutnya, setiap ada laporan kasus demam berdarah segera melaksanakan penyelidikan epidemiologi guna mendasari tindak lanjutnya antara lain sosialisasi, PSN maupun pemberian larvasida bahkan juga fogging bila diperlukan. 

“Fogging dilakukan guna memutus rantai penularan akan tetapi juga harus di barengi dengan pemberantasan sarang nyamuk.” Tuturnya.

“Saya harap setiap rumah atau perkantoran atau bangunan ada yang di tugaskan untuk memantau jentik, sehingga angka bebas jentik tinggi.” Tegasnya

“Dengan melakukan bersama - sama secara berkala melaksanakan pemberantas sarang nyamuk semoga kasus DBD di Kabupaten Demak bisa turun bahkan tidak ada kasus.” Pungkasnya. (Kominfo/put).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 23
Kunjungan Hari Ini : 311
Kunjungan Bulan Ini : 27830
Kunjungan Tahun Ini : 173797

Ikuti Kami