Siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal Belajar Pertanian Hidroponik

Demak – Siswa - siswi TK Aisyiyah Bustanul Athfal melakukan kunjungan Safari Edukasi di Kebun hijau hidroponik “Green House” Kodim 0716/Demak yang berada di Jalan Sultan Fatah Demak, Senin (12/12/22). Kedatangan siswa-siswi yang didampingi guru pembimbing tersebut disambut oleh pengelola Green House Kodim 0716/Demak Pelda Sunardi.

Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Tutik menyampaikan, kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan teknologi pertanian berupa hidroponik kepada para siswa. Pihaknya pun  mengapresiasi kepada Kodim 0716/Demak yang telah bersedia memberikan pembelajaran kepada anak didik mereka mengenai teknologi tepat guna (hidroponik) dalam bidang pertanian di Green House milik Kodim 0716/Demak.

 “Kami sangat bersyukur ada Green House Kodim Demak, sehingga anak-anak kami dapat belajar secara langsung di lokasi. Ya seperti yang bisa dilihat, anak-anak kami sangat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan ini,” kata Tutik.

Sementara, dalam memberikan panduan kepada anak-anak, Pelda Sunardi menyampaikan materi tentang tanaman hidroponik. Mulai dari pengenalan, cara pembuatan tanaman hidroponik, perawatan, hingga cara memanennya. Bahkan anak-anak juga diajarkan praktek membuat hidroponik sederhana berbahan dasar botol bekas air mineral.

Pelda Sunardi mengatakan, praktek membuat hidroponik yang dikenalkan dan dibuat pada kegiatan tersebut adalah hidroponik statis model sumbu. Hidroponik tersebut menggunakan bahan berupa botol bekas air mineral yang difungsikan sebagai pot dan diisi dengan media tanam berupa arang sekam ataupun cocopeat.

Sedangkan untuk pemberian nutrisi kepada tanaman, dialirkan melalui sumbu menggunakan kain bekas ataupun serabut tali yang mampu menyerap air dan mengalirkannya ke media tanam.

“Pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi mereka. Mengenalkan tentang perkebunan kepada anak usia dini. Selain itu juga, mengajarkan kepada anak, bahwa barang bekas pun bisa dimanfaatkan kembali, dalam hal ini sebagai media untuk menanam tanaman,” jelas Sunardi. (kominfo)

Tags pendidikan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 2
Kunjungan Hari Ini : 64
Kunjungan Bulan Ini : 10445
Kunjungan Tahun Ini : 69247

Ikuti Kami