Sudah 50 Kasus Penyakit LSD di Kabupaten Demak

Demak - Lumpy skin disease (LSD) adalah suatu penyakit viral yang disebabkan oleh virus pox pada sapi dengan dampak utamanya berupa  dampak sosio-ekonomi. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Drh. Wahyu Dwi Katmono Dinas Pertanian dan Pangan melalui Dyah Purwatiningsih Kepala Bidang Perternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, kepada tim pemberitaan Dinkominfo. Senin, (26/12/22). 

Dyah mengungkapkan bahwa di Kabupaten Demak ini sudah ada beberapa hewan yang terserang penyakit LSD.

"Perkembangan LSD di Demak ini sudah ada di wilayah Kecamatan Guntur 10 kasus, kemudian Mranggen 24 kasus, Wonosalam 1 kasus, 
Mijen     10 kasus, dan Karangawen 5 kasus. Jadi total keseluruhan ada 50 kasus di Kabupaten Demak per data hari ini, " Terang Dyah. 

Virus LSD sangat stabil di lingkungan dalam waktu lama pada suhu kamar, lanjutnya, "terutama pada keropeng kering. Pada kulit yang mengalami nekrotik, virus pada nodul dapat bertahan hingga 33 hari atau lebih, pada kerak kering hingga 35 hari, dan setidaknya 18 hari dalam kulit yang dikeringkan, " Tambahnya. 

Penyakit LSD tidak menular kepada kambing, domba dan manusia. 

"Tingkat penularan penyakit antara 10-20 % dengan kematian sebesar 1-5 %, tingkat kesembuhan dapat mencapai 27 %, masa virus masuk hingga menimbulkan infeksi adalah 28 hari, dan penyakit ini tidak menginfeksi kambing, domba dan manusia, " Tegasnya. 

Sementara ia juga menjelaskan langkah apa saja yang sudah di lakukan oleh Dinpertanpangan untuk mencegah penyebaran LSD di Kabupaten Demak. 

"Adapaun langkah – langkah yang sudah kami ambil untuk mencegah penularan penyakit Lumpy Skin Disease ini yaitu melakukan pengobatan pada ternak yang terinfeksi Penyakit Lumpy Skin Disease, memisahkan dan mengisolasi ternak yang menunjukkan gejala klinis penyakit Lumpy Skin Disease dari ternak yang sehat, melakukan koordinasi dengan Pejabat Otoritas Veteriner Provinsi Jawa Tengah untuk tindakan lebih lanjut, " Jelas Dyah. 

Kemudian meningkatkan Biosecuriti kandang dengan melakukan pembatasan ternak keluar masuk kandang, desinfeksi dan desinsektisasi pada alat serta barang yang menjadi media penular, dan meningkatkan kebersihan kandang untuk mencegah berkumpulnya vektor. 

Serta melakukan pengendalian vektor penyakit LSD ( Lalat , Nyamuk, Caplak), pemberian pakan yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup tetap disediakan secara teratur untuk memulihkan kondisi hewan. Dan melakukan KIE ( Komunikasi Informasi dan Edukasi ) kepada peternakn tentang Penyakit LSD, tanda-tanda, gejala klinis, cara penularannya, pengendalian vector penyakit. 

Adapun ciri - ciri penyakit LSD yakni demam mencapai 41,5°C, tidak nafsu makan dan penurunan produksi susu, kemudian ingusan, dan hipersalivasi konjungtivitis, depresi dan pembengkakan Limfogaldula terdapat nodul pada kulit yang berbatas, jelas dan menonjol di bawah kulit atau di bawah otot dengan diameter antara 2-5 cm. 

Umumnya nodul terdapat di daerah kepala, leher, punggung, abdomen, ekor dan bagian daerah genital. Nodul ini akan nekrosis dan menyebabkan sitfast yaitu meninggalkan lubang yang dalam
Infeksi sekunder sering terjadi terutama pneumonia. 

Dyah menghimbau agar warga masyarakat jika menemui penyakit tersebut pada hewan ternaknya agar segera melaporkan ke petugas. 

"Kalau masyarakat ada yang menemui atau mendapati ternak dengan  tanda tanda yang sudah saya sebutkan segera hubungi petugas P2K di Kecamatan atau di Puskeswan Dempet atau bidang Peternakan dan Keswan, " (Kominfo/Apj).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 706
Kunjungan Bulan Ini : 13608
Kunjungan Tahun Ini : 72410

Ikuti Kami