TNI dan Relawan Bersihkan Lumpur dan Sampah Paska Banjir Surut

Demak - Banjir yang menggenangi wilayah kecamatan Karanganyar lebih dari sepekan dan saat ini telah surut menyisakan lumpur dan sampah. Kondisi tersebut terlihat di berbagai tempat seperti jalan, mushola, masjid, aliran sungai pun terhambat sampah yang menumpuk. Tim relawan bersama TNI, warga masyarakat bergerak membersihkan sisa sisa banjir, Senin (19/2/24). 

Demikian pula dengan warga yang kembali ke rumah, mereka mulai membersihkan lumpur yang melekat pada perabotan rumah. Seperti meja, almari, tempat tidur, alat dapur, elektronik hingga kasur yang sempat terendam sepekan lamanya. 

Dandim 0716/Demak Letkol Kav. Maryoto selaku komandan Pos Komando Penanganan darurat bencana banjir di kabupaten Demak
menyampaikan bahwa sejak tanggul sungai wulan mulai diperbaiki oleh Kementrian PUPR, dan di lakukan pemompaan air yang menggenang sudah mulai surut, pihaknya bersama relawan dan tim yang ada mulai membersihkan jalan, tempat ibadah, perkantoran dan fasilitas umum. 

Pompa Air

Informasi dari  posko bencana Progres saat ini sedang percepatan penyedotan air di wilayah Kedungbanteng. Keberadaan pompa BNPB-BPBD memback up pompa KemenPUPR/BBWS
Sehingga untuk  mengurangi debit air yang masih menggenangi beberapa desa tim penanggulangan bencana mengoperasikan mesin pompa air sebanyak 21 unit. Diantaranya di operasikan di wilayah Wonorejo arah Bandungrejo dengan 4 mesin (2 Mesin bpbd dan 2 bbws) untuk mengurangi debit air Wonorejo. 

Kemudian kedung banteng- wonorejo ( 4 mesin dari BPBD) ke arah wonorejo dan dipompa lagi untuk pembuangan. 
Ada 6 mesin dari bbws di Siphon Ngemplik dan persawahan ngemplik yang di alirkan ke Sungai Jratun serta Dukuh Ngemplik 5 Mobile Pump BBWS. ( komf/ ry-ist)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 362
Kunjungan Bulan Ini : 14023
Kunjungan Tahun Ini : 72825

Ikuti Kami