TPA Baru Diharapkan Dapat Mengatasi Permasalahan Sampah Di Demak

Demak – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Berahan Kulon diharapkan mampu menjawab permasalahan sampah di Kabupaten Demak, utamanya sampah di wilayah Wedung dan sekitarnya. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Demak dalam sambutannya pada acara Selamatan Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Berahan Kulon dan Penanaman Pohon dalam rangka Hari Jadi Ke-518 Kabupaten Demak.

Disampaikan, dari hasil survey yang dilakukan, jika 1 orang menghasilkan 600 gram sampah perhari, itu artinya sebanyak 695 ton sampah dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Demak setiap harinya. “Jumlah tersebut sangat besar, apalagi Demak hanya memiliki 3 TPA, yakni Candisari Kecamatan Mranggen, Kalikondang Kecamatan Demak dan Berahan Kulon Kecamatan Wedung”,terangnya

“Untuk itu saya meminta agar masyarakat ikut berpartisipasi melakukan pemilahan limbah, mana yang dapat digunakan dan mana yang tidak. Sehingga TPA ini dapat digunakan dalam jangka panjang”, ujarnya

Sedangkan, Kadin LH Agus Musyafak dalam laporannya menyampaikan, 2 TPA yang sudah ada saat ini tidak cukup menampung sampah di Demak, untuk itu perlu TPA baru agar permasalahan sampah di Demak dapat diatasi.

“Rencananya TPA baru dengan luas 25.05 hektare akan menjadi TPA modern dengan sistem sanitary landfill yaitu sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah”,ungkapnya.

Hingga saat ini pembangunan TPA telah melalui proses panjang dengan memenuhi segala persyaratan. “Lokasi ini juga dinyatakan sebagai zona kuning. Saat ini kita mengejar target fasilitas awal yaitu sel sampah dan unit pengelolaan air limbah terus kita buang  ke sungai wulan”.

Ditambahkan Agus, “Kita usahkan yang kita buang sudah melalui baku mutu, dalam artian secara alami dengan debit air sungai wulan yang besar mampu mengurangi faktor pencemar tersebut”.

Sementara, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DinLH Arso Budiyanto menyampaikan, kegiatan ini juga bersamaan dengan gerakan penghijauan. “untuk ceremonial kami akan lakukan penanaman 500 pohon di sekitar area TPA. Jenis pohon yang ditanam diantaranya trembesi dan sirsat”.

Lebih lanjut Arso mengatakan, untuk kedepannya akan dibuat jalur penghijauan seluas 5 hektare. “Lebih khusus untuk taman dan penghijauan, untuk mendukung barrier.  Jadi untuk menggurangi dampak hembusan angin. Nanti sekitar TPA akan dibuat area penghijauan”, pungkasnya.

Dalam acara tesebut dilakukan pula penandataganan prasasti dan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Joko Sutanto dan diberikan KadinLH Agus Musyafak. (kominfo/ist)

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 19
Kunjungan Hari Ini : 677
Kunjungan Bulan Ini : 16453
Kunjungan Tahun Ini : 162420

Ikuti Kami