UMKM Terdampak Covid-19 Ikuti Pelatihan Digital Marketing

Demak – Sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi terhadap pelaku UMKM terdampak Covid-19, Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Demak bersama Politeknik Negeri Semarang menggelar pelatihan digital marketing.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta tersebut diadakan di Aula Dingdakop. Dalam pelaksanaan kegiatan para peserta dilatih menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Google Bisnisku untuk pemasaran, periklanan hingga transaksi.

Kadingdakop UMKM Kabupaten Demak Iskandar Zulkarnaen menungkapkan, di era revolusi industri 4.0 tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan semakin meningkat yaitu, pelayanan mudah, cepat, murah, terjangkau dan efisien.

Kondisi tersebut perlu direspon pelaku UMKM di Kabupaten Demak dengan melakukan inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi.

“Sebagai upaya mengembangkan sektor UMKM, kami dari pihak Dingdakop UKM akan memfasilitasi  termasuk pelatihan digital marketing bekerjasama dengan lembaga pengabdian masyarakat Polines ,”imbuhnya.

Sementara Salah satu pemateri dari Polines, Misbakhul Arrezqi menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan keterampilan para pelaku UMKM sehingga mereka mampu adaptif dan bangkit dari pandemi melalui UMKM go digital.

Menurutnya, pasca pandemi terjadi perubahan perilaku konsumen dari yang semula belanja konvensional ke model online. Hal ini menjadi upaya pencegahan dari potensi terpapar Covid-19 sehingga konsumen memilih belanja melalui daring atau online.

Melihat kondisi demikian tentunya menuntut para pelaku UMKM untuk beradatasi dengan perkembangan zaman agar dapat tumbuh dan berkembang. “Jika pedagang tetap menggunakan metode konvensional  maka akan tertinggal bahkan di khawatirkan dapat gulung tikar,”katanya.

Misbakhul menjelaskan, selama ini baru sebagian kecil palaku UMKM yang memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan usaha mereka. “Kami harapkan setelah mengikuti pelatihan ini dapat mentransfer ilmu kepada kelompok UMKM di wilayah masing-masing, agar geliat ekonomi lokal merata di Kabupaten Demak.”  (kominfo/ist)

 

 

Tags pendidikan demak teknologi

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 107
Kunjungan Bulan Ini : 24796
Kunjungan Tahun Ini : 56099

Ikuti Kami