Upaya Pemkab Demak Atasi Persebaran Covid-19

Demak – Angka penyebaran Covid-19 di hampir semua Kabupaten kota mengalami lonjakan yang sangat berarti bukan hanya di Kabupaten Demak. Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Demak telah berupaya maksimal dalam menangani penyebaran virus corona dengan melakukan sosialisasi dan edukasi secara massif.

Hal tersebut disampaikan Bupati Demak, Eisti’anah, Jumat (09/07/21) pada acara Talkshow ‘Bincang Pagi Lebih Dekat Dengan Bupati’ di Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM. Acara yang bertema ‘PPKM Darurat Di Demak’, dipandu Lulu Nagita. Turut mendampingi Kepala Dinkominfo Endah Cahyarini.

“Saat ini upaya yang telah kita lakukan diantaranya pembentukan satgas covid tingkat kabupaten hingga desa, melakukan sosialisasi dan edukasi melalui RSKW, woro-woro keliling yang dilaksanakan 2 kali oleh Tim Dinkominfo bersama Polres Demak, menyiapkan lokasi isolasi dan gencar vaksinasi”, kata Bupati.

Menurutnya, pandemi covid-19 dapat diatasi tentu dengan kerjasama semua pihak yaitu pemerintah, tokoh masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya adalah masyarakat. Kendati demikian, sangat sulit untuk menegakkan disiplin bagi masyarakat Demak, karena tradisi hidup komunal atau berkelompok.

“Tetapi karena kita sangat sayang dengan mereka (masyarakat), semua agar tetap sehat dan selamat dan bukan merupakan bagian dari yang sakit dan meninggal, maka kita harus menegakkan protkes”, ujarnya.

Dijelaskan Bupati, Pemkab Demak telah mengeluarkan SE tentang pelaksanaan PPKM Darurat mulai tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021. “Dan selama tanggal pemberlakuan PPKM Darurat tersebut akan dilakukan monitoring oleh satgas covid-19 pagi dan malam hari”.

Masyarakat wajib mentaati aturan tersebut, lanjutnya, untuk menekan angka penyebaran covid-19. Namun Bupati selalu menekankan, sosialissasi dan edukasi disampaikan dengan humanis. “Jangan ada kekerasan, karena kalau dari hati mereka (masyarakat) akan sadar diri”,ungkapnya.

Bupati juga menambahkan, mulai tanggal 12 juli sampai dengan akhir Agustus 2021 (40 hari), akan dilaksanakan gencar vaksinasi untuk  usia 12 sampai 18 tahun dengan target sebanyak 12.000 orang perhari.

Adapun lokasi vaksin akan di bagi 6 tempat meliputi Pendopo Kabupaten Demak, Kecamatan karanganyar, MTs N Karangtengah, RSU Sulfa Karangawen, Kecamatan Dempet dan Kecamatan Mijen. (kominfo/ist)

 

 

 

 

 

 

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik bencana demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 304
Kunjungan Bulan Ini : 16080
Kunjungan Tahun Ini : 162047

Ikuti Kami