Usia Tak Patahkan Semangat Untuk Membatu Warga Terdampak Bencana

Demak- Banjir yang melanda desa prampelan kecamatan sayung Kabupaten Demak merupakan banjir terparah di penghujung tahun 2022. 

"Ketinggian air terparah di desa prampelan mencapai 120 cm sehingga relawan sedikit kesulitan untuk mengantar logistic, tutur Sunaryo . Terutama diujung barat yang merupakan wilayah cekungan sehingga air tinggi genanganya",  Kamis (5/1/23). 

Hal tersebut di sampaikan Sunaryo ketua relawan Glagah Wangi yang merupakan mitra BPBD Demak wilayah Kecamatan Sayung dan Kecamatan Karangtengah.

Sunaryo yang merupakan Pensiunan kepala sekolah telah mengabdikan dirinya untuk membantu sesama sebagai relawan menyukai kegiatan sosial sejak remaja hingga saat ini di usianya yang tidak muda lagi (62 tahun). 

Ditemui di lokasi posko pengungsian Desa Perampelan, Beliau nampak semangat membantu warga dari ikut andil dalam menyiapkan makanan untuk kebutuhan pengungsi di dapur umum. Bahkan turut mendistri busikan logistic makanan kepada korban terdampak banjir yang masih bertahan di rumah. 

Pria Kelahiran Gunungkidul jogyakarta ini rela meninggalkan rumah dan keluarga setiap saat  demi untuk melaksanakan giat sosial. Sejak remaja suka  berorganisasi dan berkecimpung di Pramuka. Dengan jiwa sosial tinggi dirinya merelakan dan ikhlas mengabdikan tenaga dan pikiran untuk membantu warga yang terdampak bencana. 

Setiap saat Hatinya merasa tergerak ingin berguna bagi orang lain sehingga hidupnya tidak sia sia. 

" Hidup itu cuma satu kali, setidaknya saya dapat berguna bagi orang lain agar menjadi bekal nanti di akhirat , siapa lagi kalo bukan dari diri kita sendiri yang tergerak untuk membantu orang lain" Jelasnya . 

Sunaryo juga berharap setiap pemerintah desa dapat membentuk tim Siaga Bencana, agar dapat dengan mudah berkoordinasi dan siap jika terjadi bencana. 

Terkait banjir di Sayung Sunaryo menyampaikan usul  agar dilakukan normalisasi sungai Pucang Gading lama yang sudah 10 tahun terakhir tidak di lakukan, sehingga mengakibatkan kedangkalan dan akibatnya Ketika debit air besar tidak dapat menampung dan meluber ke desa – desa sepanjang kali pucang gading lama.(kominfo/rd/hbb)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 376
Kunjungan Bulan Ini : 16621
Kunjungan Tahun Ini : 75423

Ikuti Kami