Wapres RI Kunjungi Desa Lokus Prioritas Penurunan Kemiskinan Ekstrem Di Demak

Demak- Usai meninjau pencegahan dan penanganan stunting di Puskesmas Mranggen III, Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin melanjutkan tinjauan di balai desa Kangkung Kecamatan Mranggen untuk mengetahui penanganan kemiskinan ekstrem, Selasa (4/4/23). Di lansir dari website wapresri. go. id Desa Kangkung merupakan salah satu dari 5 desa di Kecamatan Mranggen yang termasuk desa lokus prioritas penurunan kemiskinan ekstrem (Wringinjajar, Tegalarum, Banyumeneng, Sumberejo dan Kangkung)

Kepada Wapres, Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo melaporkan, jumlah penduduk di Desa Kangkung sebanyak 8.271 jiwa dengan 2.676 KK. 258 KK di Desa Kangkung Kecamatan Mranggen termasuk keluarga miskin. Mayoritas mata pencaharian penduduk di desa tersebut di bidang wiraswasta.

“Sudah masuk PKH (Program Keluarga Harapan) sebanyak 80 Kepala Rumah Tangga (KRT) dan 342 Anggota Rumah Tangga (ART),” jelasnya.

Wiwin mengungkapkan, intervensi yang telah dilakukan dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di antaranya, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 210, Jamban Sehat 125, PKH 503 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), serta Bansos Sembako 193 KPM. Selain itu, setiap tahun warga Desa Kangkung juga mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dananya diambil dari Dana Desa, tahun 2022 sebanyak 148 KRT, dan 2023 sebanyak 43 KRT.

Menanggapi laporan tersebut, Wapres menanyakan program pemberdayaan masyarakat yang telah dijalankan di Desa Kangkung, sehingga tidak selalu mengandalkan bantuan.

“Pemberdayaan itu apa saja? Pemberdayaan masyarakat supaya, biar bisa tidak hanya nanti mengandalkan ini terus, bantuan-bantuan, bantuan, tapi kemandirian,” tanya Wapres.

Kepada Wapres, Wiwin Edi menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan adalah pelatihan penjualan online, kursus menjahit dan bengkel, pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah, pembuatan makanan ringan, daur ulang sampah dan perajangan tembakau, karena desa kangkung ini juga penghasil tembakau berkualitas baik. 

“Kemudian di permodalan ada masalah?” tanya Wapres kembali.

“Permodalan di kami di tingkat kecamatan ada namanya UPK badan usaha bersama Kuncuro Makmur di mana wargayg mpy jegiatansecara kelompok dapat mengajukan pinjaman modal yang mudah, murah dan tidak ada persyaratan pesertanya,” jawab Wiwin Edi.

Mendapat laporan bahwa tingkat kemiskinan ekstrem di Desa Kangkung masih tinggi, yakni 253 KK dari 581 KK, atau sekitar 30 persen, Wapres Pun berharap program-program pemberdayaan masyarakat dapat mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem di Desa Kangkung.

Selain Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Demak Eisti’anah, Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono, Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi, dan Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (kominfo/setwapres)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat ekonomi demak nasional kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 665
Kunjungan Bulan Ini : 18178
Kunjungan Tahun Ini : 76980

Ikuti Kami