Bansos Diberikan Untuk Membantu Masyarakat Ditengah Lonjakan Harga

Demak – Berbagai upaya Pemkab Demak lakukan untuk menahan angka inflasi agar tidak naik terlalu tinggi, diantaranya memberikan BLT BBM. Hal tersebut disampaikan Bupati Demak Eisti’anah saat menjadi narasumber talkshow bertemakan ‘Distribusi Bansos di Kabupaten Demak’, Rabu (09/11/22) di Radio Suara kota Wali (RSKW) 104.8 FM.

“BLT BBM ini tujuannya menekan angka kemiskinan. Ini secara kebijakan kita menggelontorkan BLT BBM tambahan diluar BLT BBM biasa. Kita diintruksikan dari pusat untuk mengganggarkan 2% dari Dana Transfer Umum,”kata Eisti.

Pemkab Demak juga memberikan bantuan kepada jasa transportasi tukang ojek di Kabupaten Demak sebanyak 600 ribu per orangnya. Perdinas di Kabupaten Demak juga memberikan bantuan seperti Dinas Pertanian dan Pangan, memberikan bantuan bibit bawang merah dan bantuan alat pertanian.  Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan olahan ikan kepada masyarakat.

“Kita siapkan juga bantuan DBHCHT untuk para petani tembakau dan buruh rokok. Kita juga mengalokasikan BPJS Kesehatan kepada masyarakat, mengingat saat ini musim pancaroba,  banyak masyarakat yang sakit karena daya imun mereka menurun,”jelas Eisti.

Eisti berharap, berbagai upaya yang diberikan kepada masyarakat Demak tersebut dapat menjaga kestabilan daya beli masyarakat di tengah lonjakan harga yang terjadi secara global.

Sementara saat ditanyai terkait pemberian BSU yang tidak merata, Pj Sekda Eko Pringgolaksito yang juga menjadi narasumber dalam talkshow tersebut mengungkapkan, BSU (Bantuan Sosial Upah) diberikan kepada pekerja yang memiliki gaji dibawah 3,5 juta,  tapi yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.
.
“BSU ini langsung di transfer ke rekening yang bersangkutan. Dan program dari Kementrian Ketenagakerjaan bukan dari Pemkab, jadi Pemkab tidak mempunyai wewenang untuk itu,”kata Eko.

Lebih lanjut, Eko berpesan kepada masyarakat tidak telalu berueforia terkait bansos karena bansos akan berakhir.

“Kita harus saling menyadari, kepada masyarakat yang sudah menerima bansos tolong semangat. saat suatu kesempatan tidak menerima juga harus semangat,”pungkasnya. (kominfo/ist/rd)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 19
Kunjungan Hari Ini : 848
Kunjungan Bulan Ini : 29693
Kunjungan Tahun Ini : 175660

Ikuti Kami