Bappenas RI Meninjau Rob Di Timbulsloko

Demak – Bupati Demak Eisti’anah menerima kunjungan kerja dari Direktur Region 1 Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Abdul Malik, Rabu (07/12/22) di Desa Timbulsloko Kecamatan Sayung. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meninjau perkembangan wilayah Kabupaten Demak yang terdampak Rob.

Turut hadir mendampingi, Perwakilan Bappelitbangda, Dinputaru, Dinlutkan, Din LH, BPBD serta Dinparta.

Bupati Eisti’anah menyampaikan, terdapat 4 Kecamatan di Kabupaten Demak yang mengalami abrasi salah satunya berada di Kecamatan Sayung, sementara 3 diantaranya meliputi Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Bonang dan kecamatan Wedung.

Eisti berharap, pada tahun 2023 tanggul laut dapat segera terealisasi sehingga dapat mengatasi dampak abrasi, selain itu pihaknya juga sudah berusaha tidak menggunakan air tanah, agar ketinggian tanah tidak semakin turun. 

“Insya Allah jika tanggul laut dapat segera terealisasi, dapat terpageri untuk wilayah Sayung, Bonang, Karangtengah dan Wedung,”kata Eisti.
 
Menurut Eisti, terkait penanganan rob, Pemkab Demak tidak dapat mengatasi sendiri, namun butuh bantuan dari Provinsi juga dari pusat. 

Sementara, Direktur Bappenas RI Abdul Malik menyampaikan ketahanan masyarakat terhadap bencana ini cukup bagus, padahal bencana ini sudah bertahun tahun bukan bencana baru.

Menurutnya, dengan dibuatnya tanggul laut agak berdampak mengurangi mata pencaharian nelayan karna airnya jadi tawar bukan payau. “Jadi kami rasa solusinya tetap sungai terbuka. Rekan-rekan kami juga sudah menyusun desain tanggul pantai,”kata Abdul Malik.

Sedangkan untuk  solusi dari segi perumahan, pihaknya akan mencarikan solusi perumahan yang tidak mudah tenggelam, dengan material yang lebih ringan, agar tanah tidak semakin tenggelam.

“Kurangi beban tanah agar tidak semakin tenggelam. Coba buat rumah panggung. Carikan teknisi untuk mencarikan solusi dan pendampingan terkait rehab rumah oleh masyarakat agar tidak semakin tenggelam,”pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 618
Kunjungan Bulan Ini : 20093
Kunjungan Tahun Ini : 101487

Ikuti Kami