Bawaslu Demak Masih Temukan Dokumen Caleg Yang Meragukan

Demak – Tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon anggota legislatif atau caleg yang akan berlaga di Pemilihan Umum 2024 akan berakhir pada hari ini Jum’at 23 Juni 2023. Selama dilakukan pengawasan verifikasi administrasi bakal caleg, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak masih menemukan dokumen persyaratan bakal caleg yang kebenarannya masih diragukan.

Bawaslu Demak Moh Asroni menyampaikan, dokumen bakal caleg yang banyak diragukan kebenarannya yaitu ijazah.

“Ada memang yang terkait ijazah itu absah, ada juga yang masih diragukan dalam konteks legalisir. Yang seharusnya di legalisir dari instansi yang berwenang namun ini di legalisir dari instansi yang tidak berwenang,” kata Asroni saat Podcast di Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM, Jum’at (23/06 23).

Setelah pelaksanaan verifikasi ini, Asroni menjelaskan, teman-teman KPU membuat berita acara. Yang berupa raport, nantinya akan diberikan teman Partai Politik terkait item-item apa saja yang belum memenuhi syarat dan harus dipenuhi. 

Adapun tahapan persiapan pengawasan verifikasi administrasi bakal caleg Pemilu 2024 meliputi, membuat posko aduan masyarkat, melakukan pencegahan dan melakukan komunikasi kepada partai politik.

Lanjutnya, pada masa sekarang ini akan masuk pada pengakuan perbaikan dokumen bakal calon yaitu tanggal 26 Juni sampai 9 Juli.

“Nak sebelum itu Bawaslu akan menyampaikan imbauan kepada KPU dalam rangka menjalankan tugasnya sesuai regulasi yang ada. Parpol dalam rangka mengajukan dokumen supaya betul-betul disiapkan dengan baik, jangan sampai menunda sehingga mepet waktunya, supaya untuk mengantisipasi jika ada kekurangan,”jelas Asroni.

Dirinya berharap, masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam pengawasan. “Karena Bawaslu tidak menjangkau secara pelosok terkait personal, maka Bawaslu berharap partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024 agar berjalan secara integritas dan demokratis,”pungkasnya.(kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 17
Kunjungan Hari Ini : 405
Kunjungan Bulan Ini : 1531
Kunjungan Tahun Ini : 178758

Ikuti Kami