BNPB Berikan Bantuan Dana Siap Pakai dan Logistik Untuk Korban Banjir di Demak

Demak - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dalam penanganan darurat bencana banjir di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, saat kegiatan Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Banjir, bertempat di Posko Terpadu Penanggulangan Darurat Bencana Banjir Pendopo Satya Bhakti Praja Kabupaten Demak. Rabu, (21/2/2024).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend TNI Suharyanto dan Anggota Komisi VIII DPR RI H. Abdul Wachid, yang selanjutnya di terima oleh Bupati Demak Eisti'anah, Komandan Posko Terpadu Penanganan Darurat Banjir Letkol Kavaleri Maryoto, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, Danrem 073/Makutarama Kolonel Infantri Purnomosidi.

Adapun bantuan yang di terima meliputi bantuan dana siap pakai sebesar Rp. 500 juta oleh Kepala BNPB kepada Kasdam IV/Diponegoro. Kemudian bantuan dana siap pakai sebentar Rp. 250 juta oleh Kepala BNPB kepada Danrem 073/Makutarama. Bantuan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana banjir untuk Pemerintah Kabupaten Demak oleh Anggota Komisi VIII DPR RI kepada Bupati Demak. Serta bantuan peralatan penanganan darurat bencana banjir untuk Pemerintah Kabupaten Demak berupa 1 unit pompa mobil Turbosan.

Komandan Posko Terpadu Penanganan Darurat Banjir Letkol Kavaleri Maryoto, dalam laporannya menyampaikan kondisi saat ini di Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Gajah.

"Dampaknya ini ada di 2 kecamatan yaitu di Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Gajah di 19 Desa. Sehingga sebanyak 15.410 jiwa mengungsi, ada 2 korban jiwa. Juga berdampak pada sawah yang luasnya 3.427 Ha tergenang 1.970 puso. Dan 74 sarana pendidikan," kata Letkol Kavaleri Maryoto

Sedangkana jumlah tempat pengungsian ada 124 titik yang tersebar. Seperti Kecamatan Karanganyar 87 titik, Kecamatan Gajah 25 titik, Kecamatan Demak 11 titik dan Kecamatan Mijen 1 titik. Kemudian ada dapur umum sebanyak 25 titik. Di kecamatan Karanganyar 15 titik, Kecamatan Gajah 5 titik, Kecamatan Demak 2 titik dan Kecamatan Kudus 3 titik," jelas Komandan Posko Terpadu. 

"Kondisi terakhir ini air sudah surut di wilayah Kecamatan Karanganyar Demak, sehingga sebagian korban banjir sudah kembali ke rumah masing-masing, namun suplay logistik masih tetap di dukung oleh Pemda melalu dapur umum. Sementara untuk pelaksanaan pembersihan ini di bantu oleh anggota TNI, Polri, Relawan dan masyarakat setempat," Pungkasnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend TNI Suharyanto menyampaikan bahwa untuk mengurangi intensitas hujan maka telah dilakukan dengan metode Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Demak.

"Operasi TMC ini sangat bagus ya sehingga akan diteruskan hingga proses pengeringan daerah tergenang selesai teratasi," kata Letjend TNI Suharyanto. 

"Dukungan operasional Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp. 500 juta kepada Kasdam IV/Diponegoro. Kemudian bantuan dana siap pakai sebentar Rp. 250 juta kepada Danrem 073/Makutarama. Serta bantuan logistik lainya seperti selimut 7.500 lembar, matras 7.500 lembar, kasur lipat 1.000 ubit, paket sembako 100 paket, pompa alkon 10 unit dan pompa mobil (Tubosan) 1 unit," tutupnya. 

(Komf-Ry/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 50
Kunjungan Bulan Ini : 19525
Kunjungan Tahun Ini : 100919

Ikuti Kami