Bupati Hadiri Tahlil Umum Dan Ganti Slambu Jelang Haul Agung Raden Fattah

Demak – Menjelang Pengajian Umum Peringatan Haul Agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al Akbar Sayyidin Panotogomo yang akan dilaksanakan pada Kamis malam Jum’at,( 05/01/23) pukul 20.00 WIB, pihak panitia dalam hal ini Takmir Masjid Agung Demak melaksanakan acara Lukar Luwur Makam Kesultanan Demak Bintoro dan Pengajian Bersama PPMA yang di gelar pada Kamis Pagi di area Makam Sultan Bintoro. 

Menurut Ketua umum Takmir Masjid Agung Demak  Abdullah Syifak adapun maksud dan tujuan diselenggarakan acara ini yakni untuk memuliakan Kanjeng Sultan Fattah beserta keluarganya. Memuliakan dan meneladani Kanjeng Sultan Fattah sebagai Sultan Demak sebagai Raja pertama Islam di Pulau Jawa dan Masjid Agung Demak ini yang di bangun Sultan Fattah sebagai masjid pusat kegiatan para Walisongo dalam mengajarkan menyebarkan agama Islam di Nusantara. Kemudian, menjadikan Masjid Agung Demak dan Makam Sultan Fattah sebagai ikon Demak untuk pengembangan wisata religi serta mengawal pelestarian Makam-Makam Aulia sesuai UU Negara Republik Indonesia yaitu UU No 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Acara yang dihadiri 1000 warga muslim juga dihadiri Bupati Demak Eisti’anah beserta unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, Pengasuh Pesantren, Undangan Khusus dan Perhimpunan Pemangku Makam Aulia (PPMA) se-Jawa dan Madura.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan mengenang jasa-jasa beliau (Kanjeng Sultan Fattah) utamanya dalam memimpin Demak di masa lampau. 

“Insyaallah dengan niat bersama Demak bisa jaya kedepannya,”kata Eisti.

Lanjutnya, sebagai penerusnya kita harus meniru dan meneladani apa yang di lakukan beliau di masa lampau.
Bupati berharap, momentum ini bisa menyegarkan kembali pendalaman tentang ajaran agama Islam, selalu meningkatkan keimanan kita bersama dan juga mencari amalan Soleh.  

Puncak Haul 

Puncak Haul Agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al Akbar Sayyidin Panotogomo akan dilaksanakan dengan pengajian umum bertempat di Alun-Alun di depan Masjid Agung Demak. 

Salah satu anggota Ta’mir Masjid Agung Demak Muhammad Harso menyampaikan, dalam puncak Peringatan Haul Panitia mengudang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga Bupati Demak Eisti’anah beserta jajaran Forkopimda. Selain itu, di acara Maulidur Rasul Simthud Durar rencananya akan dipimpin oleh Maulan Al Habib Ali Zainal Abidin As Segaf bersama Majelis Ta’lim Dan Sholawat Az Zahir dari Pekalongan.

“Untuk Maulidhoh Hasanah di rencanakan akan diisi DR. K.H. Marzuqi Mustamar pimpinan Ponpes Sabiilul Rosyad Kota Malang serta Maulan Al Habib M. Lutfy Aly Bin Yahya (Rois AM JATMAN) dari Pekalongan) dan di tutup dengan doa,” ujar Muhammad Harso. (kominfo/rd/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 632
Kunjungan Bulan Ini : 30594
Kunjungan Tahun Ini : 176561

Ikuti Kami