Guru PAUD Ikuti Diklat berjenjang tingkat dasar bagi pendidik PAUD

Demak - Puluhan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Demak mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) berjenjang tingkat dasar bagi pendidik PAUD (KB/TPA/SPS) bertempat di Gedung Wakil Bupati Lantai 1 Kabupaten Demak. Kamis, (1/12/22). 

Kegiatan yang di jadwalkan selama enam (6) hari pada tanggal 1, 2, 3, 5, 8 dan 9 Desember secara luring ini di buka oleh Bupati Demak yang dalam hal ini di wakilkan oleh PJ Sekertaris Daerah Eko Pringgolaksito di tandai dengan penyematan kartu tanda peserta kepada dua perwakilan peserta diklat. 

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di hadiri oleh Ketua Himpaudi Kabupaten Demak Lusiyanti, Plt Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Demak Subkhan, Ketua DPRD Kabupaten Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet serta 80 peserta diklat yang terdiri dari lulusan SMA dan S1 Non linier  (S1 tidak paud). 

Ketua Himpaudi Kabupaten Demak Lusiyanti dalam sambutannya menyampaikan, harapanya sertifikat ini nantinya bisa menjadi hal penting sebagai pengakuan bahwa himpaudi ini di akui sebagai guru. 

"Untuk harapannya kami dari diklat berjenjang tingkat dasar itu sertifikat bisa di akui sebagai bagian dari sertifikat pendidik, lalu kalau untuk yang kelanjutan S1 nya itu sertifikat berjenjang tingkat dasar Alhamdulillah sudah bisa di konversi untuk jurusan yang S1 paudnya." kata Lusi. 

"Dan harapan kedepan diklat - diklat yang seperti ini tetap terus dilaksanakan karena memang menjadi bagian dari program kerjanya himpaudi Kabupaten Demak. Bisa menjadi dan memiliki dasar untuk di akui bagi semua yang memiliki diklat - diklat sejenis utamanya diklat berjenjang dari Kemendikbud. Bisa di akui menjadi sertifikat terpenting." Terang Lusi. 

Sementara Plt Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Demak  Subkhan dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa apresiasi terhadap rekan - rekan Himpaudi. 

"Kami atas nama dinas sangat apresiasi oleh teman teman Himpaudi. Sebenarnya kegiatan ini untuk mendorong bapak ibu guru paud, pendamping, pendamping muda ini terus meningkatkan kompetensinya." Kata Subkhan. 

"Hanya saja memang untuk mendorong peningkatan kompetensi ini harus kolaborasi semua pihak. Alhamdulilah teman - teman Himpaudi dalam programnya memang menjadi tanggung jawab kami." Tambahnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan terkait empat dasar kompetensi seorang guru. 

"Ada empat dasar kompetensi, yaitu profesional artinya menguasai materi yang akan di ajarkan secara mendalam luas. Kemudian kompetensi pedagogik adalah keterampilan atau kemampuan yang harus dikuasai seorang guru dalam melihat karakteristik siswa dari berbagai aspek kehidupan, baik itu moral, emosional, maupun intelektualnya. Pedagogik kita melakukan pembelajaran tidak asal tapi ada ilmunya. Kompetensi personal ini syarat wajib harus bisa menjadi teladan baik dengan guru maupun anak, bahkan sampai ke masyarakat." Jelas Subkhan. 

"Bapak ibu guru di PAUD untuk terus mengupdate mengasah kemampuan. Dan saya berharap bisa mengikuti kegiatan ini selama enam hari ini dan bisa di ikuti secara maksimal, ada oleh - oleh yang bermanfaat bagi teman - teman semua." Lanjutnya. 

"Harapannya pendidik belajar sepanjang hanyat yang di antaranya belajar melalui diklat seperti ini." Pungkasnya.

Senada dengan Plt Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Demak  Subkhan, Ketua DPRD Kabupaten Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet atau FBS sapaan akrabnya, juga mengapresiasi atas terselenggaranya hari ini. 

"Saya sangat mengapresiasi terkait adanya diklat ini. Semoga diklat ini untuk menciptakan generasi yang unggul generasi yang punya nilai pancasila, sehingga di tangan bunda dan ayahanda ini generasi kita akan cemerlang." Tegas FBS. 

"Semoga keiklasan bunda dan ayahanda dalam mengajar anak - anak ini bisa terus di gelorakan. Walaupun honor atau operasional yang sedikit, tidak menjadi kendala kita bersama untuk menciptakan generasi kita yang lebih unggul." Harapnya. 

Bupati Demak yang di wakilkan oleh PJ Sekda Eko Pringgolaksito dalam sambutannya menyampaikan, di dalam diklat berjenjang hari ini kita harapkan para bunda yang peduli terus mengembangkan kompetensi nya. 

"Dunia pendidikan senantiasa mengalami pembaharuan dan dunia manusia ini juga mengalami perkembangan.  Seperti adanya gadget ini. Maka sekarang bunda ini harus kompeten di dalam mengawal anak didiknya dalam penggunaan gadget tersebut." Kata PJ Sekda. 

Lanjutnya, "Tugas para bunda, tugas para pendidik di berbagai tingkatan tidak hanya sebagai pendidik saja tetapi sebagai pendamping, pembimbing, pengasuh, tempat curhat dan sebagainya yang masuk di dalam keseharian di dunia pendidikan." Tambah Eko. 

"Semoga anak anak kita bisa menjadi  generasi emas penerus bangsa. Semangat dalam mengabdikan diri jaga kesehatan diri kita, keluarga kita dan sekitar kita." Pungkas Eko. (Kominfo/Apj).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 7
Kunjungan Hari Ini : 223
Kunjungan Bulan Ini : 17736
Kunjungan Tahun Ini : 76538

Ikuti Kami