Mitigasi Bencana Banjir dengan Bersih Sungai Tuntang Demak

Demak - Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir di Kabupaten Demak, Sekda Demak Akhmad Sugiharto menginisiasi kegiatan Bersih Sungai Tuntang. 

Kegiatan Bersih Sungai Tuntang, dengan melibatkan berbagai lintas OPD dan komunitas antara lain Dinputaru, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Demak, Komunitas Peduli Sungai (KPS) , Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) , Taruna Siaga Bencana (Tagana) / relawan sosial, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Forum Demak Hijau (FDH), Palang Merah Indonesia (PMI) , warga setempat dan lainnya. 

Hal tersebut di jelaskan oleh Sekda Demak Akhmad Sugiharto pada kegiatan bersih sungai kali tuntang di sepanjang Kali Tuntang, Kalicilik, Demak, Minggu (07/01/24). 

"Ini merupakan program kali bersih. Di mana di kali - kali banyak tumbuhan bengo'an atau enceng gondok. Yang mana disatu sisi memang untuk budidaya namun disisi lain menganggu jalannya aliran sungai sehingga berdampak pada banjir," Kata Sekda. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komunitas Peduli Sungai (KPS) Zanari Catur Rukmana, menyampaikan bahwa berbagai lintas komunitas menyambut baik kegiatan bersih sungai tuntang hari ini, hal tersebut terbukti dengan kekompakan dan sinergi yang terlihat saat melakukan bersih sungai. 

"Kegiatan hari ini merupakan program tahap ke - 3. Sebelumnya ada tahap 1 dan 2 yang dilakukan di Desember 2023 lalu. Masyarakat merasa kegiatan bersih sungai perlu dilakukan lagi. Kami harapkan agar masyarakat dapat melakukan bersih sungai secara mandiri, namun jika diperlukan kami terjun, kami siap," Kata Zanari. 

Sementara Ketua Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) Demak, Kisyanto Budi, menyampaikan bahwa inti dari kegiatan tersebut adalah mitigasi penanggulangan bencana dengan meminimalisir resiko.

"Kegiatan FPRB dalam bersih - bersih sungai merupakan bagaian dari mitigasi itu sendiri. Karena jika tidak dibersihkan sekarang, sementara prediksi Januari - Februari curah hujan tinggi, maka akan berpotensi menjadi banjir. Jadi kita awali dengan menggerakkan komunitas yang ada di FPRB," ungkapnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 604
Kunjungan Bulan Ini : 16380
Kunjungan Tahun Ini : 162347

Ikuti Kami