Satu Data Sangat Penting Sebagai Dasar Pengambilan Kebijakan Pembangunan

Demak - Dinas komunikasi dan informatika Demak menggelar rapat koordinasi penentuan data prioritas evaluasi data statistik sektoral triwulan III tahun 2022. Di ikuti peserta wali data pendukung dan produsen data dari sekretariat perangkat daerah dan admin data Se - Kabupaten Demak. Acara berlangsung di ruang Wakil Bupati lantai 2. Selasa, (27/9/22). 

Acara yang dibuka PJ Sekda Demak Eko Pringgolaksito, dihadiri Kadinas Kominfo Endah Cahyarini Plt Kepala Bappelitbangda Musbahatun Niamah, dan narasumber perwakilan dari dinas Kominfo Magelang Nur Afiyah Maizunati. 

Dalam laporanya Agus Pramono, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menyampaikan Kabupaten Demak mendapatkan nilai tingkat kematangan 75,83 persen di atas rata-rata Kabupaten / Kota di Provinsi Jateng sebesar 50,19 persen.

Selain di nilai tingkat kematangan, lanjutnya, hasil desk juga terbagi dalam beberapa klaster, yaitu klaster rintisan, terkelola, terdefinisi, terpadu dan terukur, yang paling tinggi adalah optimum.

"Sementara untuk Kabupaten Demak masuk dalam grade keempat yaitu klaster terpadu dan terukur, sedangkan yang masuk grade kelima ada dua Kabupaten/Kota, yaitu Kota Semarang dengan kematangan 89,58 persen dan Kota Magelang 85,94 persen dalam kategori kematangan optimum." Terangnya. 

Sedangkan Pj Sekda Eko Pringgolaksito dalam kegiatan tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang yang telah berkenan menjadi narasumber pada hari ini. 

Menurutnya, penentuan Data Prioritas dalam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) atau Forum Group Discussion Satu Data Indonjesia (FGD SDI) keberadaannya sangat penting, karena akan lebih memudahkan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam perencanaan pembangunan. 

“Kehadiran Demak Satu Data, membentuk sinergitas program dalam penentuan sasaran. Akan tetapi perlu di ingat bahwa Demak Satu Data harus di ikuti dengan pembaharuan data atau update data secara berkelanjutan.” Pungkasnya.

Sementara Nur Afiyah Maizunati Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan paparannya terkait membangun data cerdas menuju pembangunan berkualitas. (Kominfo/Apj).

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 210
Kunjungan Bulan Ini : 29055
Kunjungan Tahun Ini : 175022

Ikuti Kami