Sebanyak 410 ASN Di Lingkungan Pemkab Demak Mengikuti Uji Kompetensi

Demak – Bupati Demak Eisti’anah memantau pelaksanaan Uji Kompetensi bagi pejabat fungsional dan pelaksana dilingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Demak, Senin (5/12/22). Turut mendampingi Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Pj Sekda Eko Pringgolaksito serta Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Demak Herminingsih. Sebanyak 410 ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak mengikuti mapping potensi dan kompetensi ASN dengan metode CAT. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari bagi pejabat fungsional dan pelaksana terbagi menjadi 5 sesi. Untuk sesi 1 dan 2 dilaksanakan tanggal 5 Desember 2022, sedangkan untuk sesi 3, 4 dan 5 dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2022.

Bupati Eisti’anah menyampaikan, kegiatan assesmen ini merupakan langkah awal Pemerintah Kabupaten Demak untuk memetakan talenta pegawai negeri sipil untuk mengetahui SDM tersebut ada potensi disalah satu bidang seperti potensi dalam kantor atau lapangan, serta melalui assesmen ini dilakukan untuk pengumpulan bukti relevan, yang  digunakan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.

“Adanya assesmen ini atasan bisa melihat potensi-potensi pegawainya yang selama ini bekerja sudah maksimal atau tidak dalam mereka menempati posisi jabatan tersebut,”kata Eisti.

Sementara, Plt. Kepala BKKP Herminingsih menjelasakan, asesmen ini utamanya untuk pemetaan yang akan memperlihatkan kemampuan seseorang bisa menempati jabatan tertentu. Materi dari asesmen sendiri untuk para pegawai yang diberikan yakni psikologi watak seseorang, kriteria intelegensi bekerja dan integritas.

Tes kompetensi menjadi yang wajib untuk dilakukan dalam proses pengelolaan kepegawaian. Karena pada prinsipnya, setiap Sumber Daya Manusia dalam suatu organisasi yang unggul, perlu memiliki kompetensi yang jelas dan terukur,”kata Hermin.

Dalam hal ini, Hermin menerangkan, pihaknya bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Hermin perpesan kepada peserta untuk tetap semangat mengikuti tes ini sampai selesai.

“Cermati dan selesaikan setiap soal dengan baik.  Sementara untuk Tim CAT Potensi Unit Penilaian Kompetensi ASN BKD Provinsi Jawa Tengah untuk bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi integritas dalam pengolahan data dan penyampaian hasil CAT,” pungkasnya. (kominfo/ist-rd)

 

 

 

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 296
Kunjungan Bulan Ini : 15104
Kunjungan Tahun Ini : 15104

Ikuti Kami