Sosialisasi Data Strategis Statistik Distribusi

Demak - Proses bisnis statistik yaitu identifikasi kebutuhan data, perancangan yang meliputi output, konsep, definisi, membangun uji instrumen, pengumpulan data, pengolahan data, analisis statistik, publikasi dan evaluasi.

Hal tersebut di ungkapkan oleh kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Demak, Henri Wagiyanto pada kegiatan Rapat Sosialisasi Data Strategis Statistik Distribusi Kabupaten Demak tahun 2022 di salah satu Hotel yang ada di Demak, Rabu, (7/12/22).

"Namun proses bisnis ini tidak semua dilakukan oleh BPS daerah melainkan diserahkan dan dilaksanakan oleh BPS Pusat. BPS Daerah hanya melakukan proses bisnis pengumpulan data serta pengolahan data. Data yang sudah diolah kemudian dianalisa oleh BPS Pusat." Kata Henri.

Sementara M Masykuri Statistisi Muda dari BPS Kabupaten Demak yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan mengenai Data Strategis Statistik Distribusi yang di dalamnya menjelaskan terkait perbedaan antara inflasi dan NTP (Nilai Tukar Petani) serta kegunaan dari kedua istilah tersebut.

"Cakupan wilayah di Jawa tengah yang didata untuk memperoleh nilai Inflasi hanya 6 kabupaten/kota, sedangkan untuk NTP cakupan wilayahnya adalah semua kabupaten di Jawa Tengah. Sedangkan untuk hal yang dihasilkan dari pendataan inflasi adalah angka inflasi atau IHK (Indeks Harga Konsumen) , sementara untuk NTP hal yang dihasilkan adalah NTP (Nilai Tukar Petani) , NTUP (Nilai Tukar Usaha Pertanian) , dan inflasi pedesaan." Jelas Masykuri.

Kegunaan dari pendataan inflasi, lanjutnya, salah satunya adalah sebagai indikator penyesuaian upah kerja karyawan, dan mengatur suku bunga bank. Sedangkan NTP memberikan indikasi secara umum mengenai daya beli komoditas atau produk pertanian terhadap barang dan jasa yang saat ini dibeli oleh petani baik untuk kebutuhan hidup maupun biaya produksi dan penambahan barang modal.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan mengenai media publikasi dari Statistik Distribusi yaitu Berita Resmi Statistik (BRS) yang dapat diakses di website BPS Provinsi Jateng dan selalu update tiap tanggal 1 setiap bulannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Statistik Distribusi Keuangan Teknologi Informasi dan Pariwisata Evi Wahyu Wardani, Ketua tim Statistik Harga Arif Nugroho, dan perwakilan dari OPD serta Kecamatan. (Kominfo/Apj).

Tags

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 107
Kunjungan Bulan Ini : 30069
Kunjungan Tahun Ini : 176036

Ikuti Kami